Cara Mengetahui Kamu Tulang Keropos atau Tidak, Kenali Gelaja Fisiknya

Jumat 20-09-2024,14:51 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

3. Penurunan tinggi badan secara bertahap.

4. Mudah mengalami patah tulang, terutama di pergelangan tangan, panggul, dan tulang belakang.

BACA JUGA:Cara Cek Nomor Kartu BCA Lewat WhatsApp, Tinggal Klik Nggak Pakai Ribet

B. Pengukuran Kepadatan Tulang

Pemeriksaan medis yang paling akurat untuk mengetahui kepadatan tulang adalah dengan melakukan pengukuran kepadatan mineral tulang (Bone Mineral Density/BMD). Tes ini biasanya dilakukan dengan menggunakan teknologi DXA (Dual-energy X-ray Absorptiometry).

C. Riwayat Kesehatan dan Faktor Risiko

Dokter juga akan mempertimbangkan riwayat kesehatan dan faktor risiko seperti usia, jenis kelamin, riwayat keluarga, dan gaya hidup.

Jika Anda merasa memiliki gejala atau faktor risiko osteoporosis, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

BACA JUGA:Cara Cek Nomor Kartu BCA Lewat WhatsApp, Tinggal Klik Nggak Pakai Ribet

Penyebab dan faktor risiko tulang keropos

1. Faktor hormon

Ketidakseimbangan hormon mempengaruhi pertumbuhan tulang keropos, terutama berkurangnya hormon sex seperti estrogen dan testosteron.

Berkurangnya hormon estrogen selama menopause merupakan faktor risiko dan penyebab tulang keropos pada perempuan, karena estrogen memiliki peranan penting dalam menjaga kepadatan massa tulang dengan cara mencegah resorpsi tulang dan meningkatkan pembentukan tulang.

Selain itu, pengobatan kanker payudara yang mengurangi kadar estrogen atau pengobatan kanker testosteron mengurangi kadar testosteron sehingga meningkatkan kehilangan massa tulang.

Testosteron juga sama pentingnya dalam menjaga kesehatan tulang pada laki-laki, den kekurangan testosteron meningkatkan risiko tulang keropos.

Risiko tulang keropos juga meningkat pada kondisi gangguan kelenjar yang memproduksi hormon seperti hipertiroidisme, hiperparatirodisme, dan kondisi yang memengaruhi kelenjar pituitari dan kelenjar adrenal. Gangguan tiroid dapat memicu kehilangan massa tulang yang menyebabkan tulang keropos.   

Kategori :