Meskipun belum diluncurkan di Indonesia, YouTube Shopping yang sudah tersedia di negara lain dapat menjadi gambaran yang dapat Anda gunakan untuk melihat apa saja yang dapat digunakan di YouTube Shopping.
Adapun fitur-fitur yang tersedia di YouTube Shopping yaitu sebagai berikut.
1. Toko Channel: Kreator dapat menghubungkan toko mereka ke channel YouTube, memungkinkan produk mereka ditampilkan di deskripsi video dan galeri produk.
2. Produk dari Toko Anda yang Terhubung: Produk yang terhubung dengan toko dan ditampilkan di deskripsi serta galeri produk di bawah konten.
3. Produk yang Diberi Tag di Video: Kreator dapat memberi tag pada produk dari brand lain di video, video Shorts, dan live stream mereka.
4. Tombol Belanja di Konten: Kreator dapat menyematkan tombol belanja langsung di dalam kontennya, memberikan penonton akses cepat untuk mengeksplorasi dan membeli produk.
BACA JUGA:Entah Kelainan atau Hiperseksual, Pria Ini Pamer Perkutut di Hadapan Seorang Wanita
Kebijakan dan Pertanggungjawaban yang Harus Diperhatikan
Penggunaan tiap platform dalam berbisnis tentu memiliki persyaratan dan ketentuan sebagai kebijakan yang harus dituruti.
Hal ini dapat membantu Anda untuk tetap bertanggung jawab penuh dalam memanfaatkan YouTube Shopping sebagai platform untuk berbisnis online.
Adapun beberapa kebijakan yang harus Anda ikuti antara lain adalah sebagai berikut.
- Produk dari toko Anda yang terhubung bertanggung jawab atas semua aspek penjualan, termasuk pengelolaan inventaris, pemenuhan pesanan, dan layanan pelanggan.
- Produk dari brand lain melibatkan kebijakan tertentu, seperti jumlah minimum subscriber dan syarat geografis.
BACA JUGA:Entah Kelainan atau Hiperseksual, Pria Ini Pamer Perkutut di Hadapan Seorang Wanita
Cara Memulai YouTube Shopping
Untuk memulai perjalanan YouTube Shopping, terdapat dua cara utama: mempromosikan produk Anda sendiri atau mempromosikan produk dari brand lain. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing cara tersebut.