Modus Minta Dibuatkan Kopi, Pengasuh Ponpes Diduga Lecehkan Sejumlah Santriwati

Selasa 24-09-2024,11:28 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Setelah memanggil siswa yang melakukan pelecehan seksual, guru juga diharapkan bisa segera memberikan dukungan emosional yang kuat kepada korban pelecehan seksual.

Karena bagaimanapun kondisi emosional korban pelecehan seksual pasti akan terganggu dan bisa mengganggu produktivitas siswa tersebut dalam mengikuti proses belajar.

Beberapa bentuk dukungan emosional yang bisa guru lakukan adalah dengan mendengarkan curahan hati siswa yang mendapatkan pelecehan seksual, memberikan semangat dan kata-kata yang bersifat afirmatif serta memberi tahu siswa bahwa pelecehan seksual dialaminya tidak akan lagi terulang.

Bila perlu, guru bisa memberikan waktu kepada siswa tersebut libur sekolah selama beberapa hari guna membuat siswa tersebut merasa lebih nyaman dan percaya diri untuk kembali mengikuti proses belajar di sekolah.

BACA JUGA:Ide Bisnis Musiman, Ini Peluang Usaha saat Pilkada 2024 yang Menguntungkan, Berani Coba?

Setelah siswa yang menjadi pelecehan seksual kembali ke sekolah jangan lupa untuk tetap memberikan dukungan emosional dan mengawasinya dengan seksama ya

Jika pelecehan seksual yang dialami siswa berhubungan dengan fisiknya, ada baiknya guru segera membawa siswa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Beri tahu orang tua siswa mengenai pelecehan seksual dilakukan oleh anaknya

Pelecehan seksual merupakan masalah yang sangat serius. Jadi, ketika ada kasus pelecehan seksual ada baiknya guru segera memanggil orang tua pelaku dan korban.

Untuk orang tua pelaku sampaikan dengan sedetail mungkin bahwa anaknya telah melakukan kesalahan yang cukup besar dan minta orang tua siswa untuk ikut mengawasi serta memberikan pengarahan kepada anaknya.

Sedangkan untuk orang tua korban, guru bisa menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya atas terjadinya kesalahan ini. Karena tidak bisa dipungkiri, kadang terjadinya pelecehan seksual di sekolah juga terjadi akibat kurangnya pengawasan sekolah. Selain itu, sampaikan pada orang tua siswa

BACA JUGA:Viral! Video Diduga Kabid Disparbud Bekasi Amuk Tetangga yang Ibadah, Berujung Disentil Netizen ‘Malumaluin’

4. Berikan sanksi yang tegas

Tidak bisa dipungkiri memang salah satu cara paling ampuh yang bisa guru lakukan untuk mengatasi pelecehan seksual adalah memberikan sanksi yang tegas kepada siswa.

Karena hal ini biasanya akan membuat siswa takut dan akhirnya tidak ingin melakukan pelecehan seksual.
Beberapa sanksi tegas yang bisa guru berikan adalah menghentikan siswa untuk sementara waktu, mengeluarkan siswa dari sekolah, atau memberikan surat keterangan bahwa siswa pernah melakukan hal yang kurang baik.

Hukuman ini bisa berbeda-beda bagi setiap siswa, tergantung dari seberapa parah bentuk pelecehan seksual yang dialami siswa.

Kategori :