Tak Perlu ke Dealer, Begini Cara Setting Jam Motor Nmax di Speedometer Digital

Selasa 24-09-2024,12:20 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

5. Tombol reset

Tombol ini digunakan untuk membantu pengendara yang ingin mereset pengaturan pada panel speedometer Nmax, baik jam maupun konsumsi bahan bakarnya.

BACA JUGA:Jabatan 98 Kades dan 550 BPD Kepahiang Diperpanjang, Bupati Sampaikan Atensi Khusus Jelang Pilkada

6. Layar multifungsi

Layar multifungsi di panel speedometer Nmax berfungsi menunjukkan odometer, tripmeter, konsumsi bahan bakar, indikator penggantian oli, dan tampilan konsumsi bahan bakar rata-rata.

7. Tombol "Select"

Tombol "Select" pada panel speedometer Nmax berfungsi sebagai tombol pembantu saat pengendara hendak melakukan pengaturan. Termasuk di antaranya ketika menerapkan cara setting jam Nmax.

Sementara itu, untuk informasi tambahan, tampilan panel meter termasuk speedometer, tachometer dan termasuk fuel meter merupakan perangkat standar pada kendaraan sepeda motor. Memiliki fungsi masing-masing yang tentunya untuk menampilkan informasi penting yang dibutuhkan saat berkendara.

BACA JUGA:Jadi Favorit Konsumen, Ini 5 Motor Matic Terlaris di Indonesia 2024, Motor Kamu Termasuk?

Panel speedometer misalnya, memiliki fungsi untuk menunjukan angka kelajutan atau kecepatan sepeda motor. Ditunjukan dalam angka dalam satuan kilometer per jam.

Ada 2 jenis panel speedometer yang digunakan pada sepeda motor yang beredar khususnya di Indonesia, diantaranya:

1. Panel speedometer analog

Memiliki tampilan yang klasik, karena walaupun digunakan dari saat era sepeda motor pertama diciptakan, model speedometer seperti ini masih digunakan pada sepeda motor produk terbaru saat ini.

Speedometer analog memiliki tampilan mirip jarum jam yang akan berputar menunjukan angka kecepatan ketika melaju.

BACA JUGA:Jabatan 98 Kades dan 550 BPD Kepahiang Diperpanjang, Bupati Sampaikan Atensi Khusus Jelang Pilkada

Cara kerjanya ada 2 tipe, diantaranya dengan cara yang sederhana yaitu input kecepatan dihasilkan dari komponen gearbox yang berputar sesuai putaran roda depan yang kemudian disalurkan ke panel speedometer yang diputar secara manual menggunakan kabel sling.

Kategori :