Tragis, Bayi Berusia 18 Hari Tewas di Tangan Ibu Kandung, Begini 5 Fakta Kejadiannya

Rabu 25-09-2024,10:46 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

BACA JUGA:Bravo! Polisi Bongkar Laboratorium Tembakau Sintetis di Perumahan Mewah, 1 Pelaku Ditangkap

4. Polisi bakal periksa kejiwaan pelaku

Untuk mendalami kasus tersebut, polisi bakal memeriksa kejiwaan pelaku YW, yang tega melakukan pembunuhan terhadap anaknya yang masih berusia 18 hari tersebut.

"Kami akan dalami lebih lanjut terkait psikologis kejiwaan pelaku. Kasus ini mengundang duka mendalam bagi masyarakat sekitar dan menjadi peringatan bagi semua pihak untuk selalu peka terhadap kondisi psikologis individu di lingkungannya, terutama para ibu yang baru melahirkan," kata Kasi Humas Polres Labuhanbatu AKP Syafrudin, Senin (23/9/2024).

Faktor Pembunuhan Anak

Pembunuhan anak kandung adalah tindakan yang sangat tragis dan kompleks. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan orang tua melakukan tindakan ini antara lain:

BACA JUGA:Alami Keretakan Rumah Tangga, Pasangan Sherina Munaf dan Baskara Mahendra Diisukan Lakukan Lavender Marriage

1. Masalah Kesehatan Mental: Kondisi seperti psikosis akut atau depresi berat dapat menyebabkan orang tua kehilangan kendali dan melakukan tindakan kekerasan.

2. Kekerasan dalam Rumah Tangga: Lingkungan rumah tangga yang penuh dengan kekerasan dan konflik dapat memicu tindakan ekstrem.

3. Tekanan Ekonomi: Kesulitan ekonomi yang berat dapat membuat orang tua merasa putus asa dan melihat pembunuhan sebagai jalan keluar dari masalah mereka.

4. Anak yang Tidak Diinginkan: Dalam beberapa kasus, anak yang tidak diinginkan atau dianggap sebagai beban dapat menjadi korban.

BACA JUGA:Viral! Warga Makassar Bangun Garasi Mobil di Jalan Umum, Ternyata Ini Penjelasan Pemilik

5. Pengaruh Substansi: Penggunaan alkohol atau narkoba dapat mengurangi kemampuan orang tua untuk berpikir jernih dan mengendalikan emosi mereka.

Kasus seperti ini sangat menyedihkan dan menunjukkan pentingnya dukungan kesehatan mental dan sosial bagi keluarga yang mengalami tekanan berat.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk mencari dukungan dari profesional kesehatan atau layanan sosial setempat.

Nah, jika kasus seperti diatas tiba-tiba terjadi di lingkungan sekitar Anda, maka berikut hal yang perlu dilakukan.

BACA JUGA:Kronologi Polisi yang Disiram Air Keras saat Bubarkan Tawuran, 3 Pemuda Jadi Tersangka

Kasus ibu kandung yang membunuh anaknya adalah tragedi yang sangat menyedihkan dan kompleks. Jika hal ini terjadi, ada beberapa langkah yang harus diambil:

Kategori :