Sosok Bonnie Triyana yang akan Gantikan Tia Rahmania di Senayan, Ini Selisih Perolehan Suara

Jumat 27-09-2024,09:11 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Bonnie menggantikan Tia Rahmania, yang dipecat karena dianggap tidak memenuhi syarat untuk menjadi anggota DPR RI.

Penetapan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan KPU RI Nomor 1368 Tahun 2024, yang ditandatangani oleh Ketua KPU RI Mochamad Afifuddin pada 23 September 2024 dan telah dipublikasikan di laman resmi kpu.go.id.

“Tia Rahmania tidak lagi memenuhi syarat menjadi anggota DPR karena yang bersangkutan diberhentikan dari anggota partai,” demikian kutipan dari surat tersebut.

BACA JUGA:Kapan Seleksi PPPK 2024 Dibuka? Ini 2 Kategori Honorer Tenaga Kesehatan yang Bisa Daftar Seleksi

Lantas siapa sosok Bonnie Triyana yang akan menjadi pengganti Tia Rahmania?

Sosok Bonnie Triyana

Diketahui, Bonnie merupakan pendiri majalah sejarah populer, Historia, yang lahir di Rangkasbitung, Banten pada 27 Juni 1979.

Ia merupakan alumni SMA 1 Rangkasbitung tahun 1997 dan S1 jurusan Sejarah Universitas Diponegoro, Semarang pada 2003.

Usai lulus dari Universitas Diponegoro, Bonnie sempat bekerja di Harian Suara Merdeka dan pernah berpindah ke Majalah Gatra.

Kiprahnya di bidang sejarah dimulai ketika menjadi asisten sejarawan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI (sekarang Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN), Asvi Warman Adam.

BACA JUGA:Dikira Terdampar, Ternyata Ini Penyebab Kapal Kargo Georgia Sejahtera Menepi di Kaur

Bonnie juga sempat bekerja di Harian Jurnal Nasional hingga 2008 dan dipercaya memegang halaman budaya sebelum mendirikan Majalah Historia.

Lalu pada 2018 ia menjadi perintis Museum Multatuli di Rangkasbitung, dan pada 2019 ia sukses menyelenggarakan Pameran DNA “Asal Usul Orang Indonesia” yang mengungkap keragaman leluhur orang Indonesia.

Satu tahun kemudian, tepatnya pada 2020, Bonnie berperan dalam pemulangan artefak Nusantara dari Belanda. Selain itu, Bonnie tercatat sebagai seorang konsultan di Rijksmuseum, Amsterdam, Belanda.

BACA JUGA:Siap-siap Sebentar Lagi Pendaftaran PPPK 2024 Dibuka, Ini Kriteria Pelamar

Bonnie Triyana dan politik  

Dikutip dari Antaranews, Bonnie dilantik sebagai Kepala Badan Sejarah Indonesia Pengurus DPP PDIP pada Jumat (5/7/2024).

Tidak hanya Bonnie, tiga orang lain, yakni Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ganip Warsito, mantan Gubernur Lemhannas, Andi Widjajanto, dan Hendra Gunawan juga ikut dilantik.
Bonnie Triyana merupakan caleg PDI-P Dapil Banten 1 dengan nomor urut 1 saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kategori :