5 Tempat Wisata Terpopuler di Sumatera Barat 2024 yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Jumat 27-09-2024,17:11 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tempat wisata terpopuler di Sumatera Barat, ini 5 rekomendasinya, patut masuk list liburanmu.

Objek Wisata Sumatera Barat sangatlah beragam mulai dari pantai, pegunungan, air terjun hingga lainnya yang menyajikan pemandangan eksotis. 

Sumatera Barat adalah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, Provinsi ini kaya akan keindahan alam, budaya, dan sejarahnya.

BACA JUGA:12 Tempat Wisata Terpopuler di Sumatera Utara 2024, Sugukan Pesona Keindahan Terbaik

Jadi, tak heran kalau tempat wisata Sumatera Barat atau Sumbar bermacam-macam. Di sana, kamu bisa dengan mudah menemukan objek wisata yang terpopuler dan menarik, loh.

Jika kamu datang mengunjungi Sumatera Barat, jangan lupa untuk memasukkan beberapa daftar tempat wisata ini di list tempat yang akan kamu kunjungi ya.

Lantas, apa saja tempat wisata di Sumatera Barat yang bisa kamu kunjungi?

BACA JUGA:10 Rekomendasi Tempat Wisata Lampung Terbaik dan Lagi Hits 2024, Cocok Buat Dikunjungi

Berikut sejumlah destinasi wisata di Sumatera Barat terpopuler yang dilansir sejumlah sumber:

1. Jam Gadang (Bukittinggi)

Jam Gadang adalah sebuah jam lonceng besar yang menjadi ikon Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Jam ini terletak di pusat kota Bukittinggi dan menjadi salah satu landmark yang paling terkenal di daerah tersebut. 

Jam Gadang memiliki tinggi sekitar 26 meter dan dibangun pada tahun 1926 oleh Belanda saat masih menjajah Indonesia. Bangunan ini memiliki arsitektur yang khas dengan perpaduan gaya Eropa dan tradisional Minangkabau. Jam Gadang juga memiliki atap berbentuk tanduk kerbau yang merupakan ciri khas arsitektur Minangkabau. 

Selain menjadi landmark kota, Jam Gadang juga memiliki fungsi sebagai penanda waktu bagi penduduk setempat. Pada jam tersebut terdapat dua buah lonceng besar yang menghasilkan bunyi lonceng setiap jamnya. 

Selain itu, Jam Gadang juga sering dijadikan sebagai tempat pertemuan atau acara budaya bagi masyarakat lokal. 

Seiring berjalannya waktu, Jam Gadang telah menjadi simbol identitas dan kebanggaan bagi masyarakat Bukittinggi dan Sumatera Barat secara keseluruhan, serta menjadi salah satu objek wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Bukittinggi.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata Populer di Provinsi Jambi, Cocok untuk Mengisi Waktu Libur

2. Mandeh (Pesisir Selatan)

Kategori :