Diproduksi 2 Tahun dengan Biaya Rp 800 Juta, Ini Profil 9 Pemain Film Pengkhianatan G30S PKI

Sabtu 28-09-2024,11:55 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

Film Pengkhianatan G30S/PKI menampilkan deretan aktor dan aktris yang memerankan tokoh-tokoh penting dalam peristiwa G30S. Berikut adalah profil 9 pemain utama yang memiliki peran penting dalam film ini:

1. Umar Kayam sebagai Soekarno

Umar Kayam lahir di Ngawi pada tahun 1932. Beliau dikenal sebagai penulis, budayawan, dan akademisi yang pernah menjadi Guru Besar Fakultas Sastra di Universitas Gadjah Mada. 

Dalam film ini, Umar memerankan Presiden Soekarno yang digambarkan sedang sakit dan menjelang akhir kekuasaannya. Umar Kayam wafat pada tahun 2002, namun perannya sebagai Soekarno masih dikenang hingga kini.

BACA JUGA:Sadis! WNI Ditikam Sang Kekasih di Malaysia, Diduga karena Pelaku Tak Ingin Korban Pulang

2. Amoroso Katamsi sebagai Soeharto

Amoroso Katamsi, lahir pada tahun 1938, adalah aktor yang juga merupakan anggota TNI. Nama Amoroso semakin dikenal setelah berperan sebagai Jenderal Soeharto dalam film Pengkhianatan G30S/PKI. Sebelumnya, ia sudah memulai karir aktingnya pada tahun 1976 lewat film Cinta Abadi. 

Perannya sebagai Soeharto membuat Amoroso menjadi salah satu aktor paling dikenal dalam sejarah perfilman Indonesia.

3. Syubah Asa sebagai DN Aidit

Syubah Asa adalah seorang sastrawan dan wartawan yang sudah lama berkecimpung di dunia teater. Dalam film Pengkhianatan G30S/PKI, Syubah memerankan tokoh DN Aidit, pemimpin PKI. Selain berakting, Syubah juga aktif menulis novel dan kolom di media massa. 

BACA JUGA:Buron Selama Setahun, Akhirnya Bos Debt Collector Tertangkap Atas Kasus Perampasan Mobil Milik Warga Semarang!

Perannya sebagai DN Aidit meninggalkan kesan mendalam di kalangan penonton, terutama karena karakter Aidit yang digambarkan sebagai tokoh antagonis utama dalam film ini.

4. Wawan Wanisar sebagai Pierre Tendean

Wawan Wanisar, lahir di Jakarta pada tahun 1949, adalah aktor yang memulai debutnya dalam film ini dengan memerankan Letnan Satu Pierre Tendean, salah satu korban penculikan G30S. 

Setelah sukses memerankan Pierre Tendean, Wawan melanjutkan karirnya dalam dunia film dengan membintangi berbagai film seperti Naga Bonar dan Cinta dan Noda. 

BACA JUGA:Cara Mudah Mendapatkan Uang Tambahan, Ini 11 Aplikasi Penghasil Uang Rp 25 Ribu, Bisa Cair Setiap Hari

5. Sofia W.D sebagai Ibu A.H. Nasution

Sofia W.D. adalah aktris senior yang mulai berkarir di dunia film sejak usia belasan tahun. Lahir dari keluarga pedagang, Sofia mulai dikenal luas dalam industri film Indonesia setelah tampil di berbagai film klasik. 

Dalam film ini, Sofia memerankan istri dari Jenderal A.H. Nasution. Dengan pengalaman puluhan tahun, Sofia telah membintangi ratusan film dan tetap menjadi salah satu aktris legendaris Indonesia.

6. Kies Slamet sebagai Brigadir Jenderal Soepardjo

Kies Slamet adalah aktor yang dikenal dalam dunia teater dan pentas wayang orang. Karirnya di dunia film dimulai pada tahun 1982 dengan memerankan Brigadir Jenderal Soepardjo dalam Pengkhianatan G30S/PKI.

Sejak itu, nama Kies dikenal luas di dunia perfilman Indonesia, dan ia terus aktif berkarya hingga akhir 1990-an.

Kategori :