Kenali, Ini Ciri-ciri Kosmetik yang Mengandung Merkuri, Perlu Dihindari untuk Kesehatan Kulit

Minggu 29-09-2024,15:32 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kenali, ini ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri, perlu dihindari untuk kesehatan kulit.

Menggunakan kosmetik telah menjadi bagian penting dalam rutinitas perawatan diri banyak orang. Bagi sebagian individu, baik wanita maupun pria, kosmetik tidak hanya berfungsi untuk mempercantik penampilan, tetapi juga menjadi sumber kepercayaan diri.

BACA JUGA:Emosi Pacarnya Dilecehkan, Pria Ini Tinju Warga hingga Tewas, Terancam 7 Tahun Penjara!

Dengan berbagai produk yang tersedia di pasaran, penting untuk memilih kosmetik yang aman dan tidak mengandung bahan berbahaya, seperti merkuri.

Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri dan bagaimana cara memastikan produk yang kita gunakan aman dan terdaftar di BPOM.

BACA JUGA:Gedung Bakamla RI Dilahap Si Jago Merah, Sempat Terdengar Terdengar Suara Ledakan

Pentingnya Memilih Kosmetik yang Aman

Kosmetik adalah produk yang digunakan pada bagian luar tubuh, bertujuan untuk membersihkan, memperbaiki, atau mengubah penampilan kulit, rambut, kuku, atau gigi.

Namun, tidak semua produk kosmetik diciptakan dengan standar keamanan yang sama. Salah satu zat yang sangat berbahaya dan sering ditemukan dalam produk kosmetik ilegal adalah merkuri.

Merkuri, atau raksa, merupakan unsur kimia yang beracun dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Bayangkan jika kita menggunakan kosmetik yang mengandung merkuri. Kerusakan pada kulit dan dampak negatif bagi kesehatan tubuh menjadi risiko yang harus dihadapi.

BACA JUGA:Ternyata, Ini 5 Skincare Terbaik di Indonesia, Pilihan Aman untuk Memanjakan Kulit

Ciri-ciri Kosmetik yang Mengandung Merkuri

Untuk itu, mengenali ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan keselamatan diri, yakni:

1. Bau Menyengat  

Dikutip dari laman resmi halodoc.com ciri khas merkuri adalah bau menyengat yang kuat seperti bau logam. Meskipun bau ini bisa disamarkan dengan bahan pewangi, tetap ada kemungkinan kita dapat mencium aroma tersebut jika produk digunakan secara langsung.

Jika Anda menemukan kosmetik dengan bau yang aneh dan menyengat, sebaiknya pertimbangkan untuk tidak menggunakannya.

2. Mengklaim Hasil Cepat  

Produk yang mengandung merkuri sering kali mengklaim dapat memberikan hasil yang sangat cepat, seperti memutihkan kulit dalam waktu singkat.

Kategori :