Sejarah dan Prestasi Timnas Indonesia di Piala Asia, Pernah Juara Piala Asia U-20

Senin 30-09-2024,10:51 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sejarah dan prestasi Timnas Indonesia di Piala Asia, pernah juara piala Asia U-20.

Timnas Indonesia, yang dikenal dengan julukan Garuda Muda, kembali menciptakan sejarah dengan keberhasilannya dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 AFC 2025.

BACA JUGA:Gampang, Ini 10 Cara Dapat Tambahan Modal Usaha Tanpa Utang, Bebas Bunga

Dalam pertandingan melawan Yaman, mereka meraih hasil imbang 1-1, yang memastikan tiket ke turnamen bergengsi tersebut. Keberhasilan ini juga diikuti oleh prestasi menggembirakan Timnas U-23 yang berhasil mencapai babak semifinal Piala Asia 2024.

Dua pencapaian ini seolah menghidupkan kembali kenangan manis Indonesia sebagai salah satu "Macan Asia," terutama di masa-masa awal kemerdekaan.

Namun, perjalanan Timnas Indonesia menuju pencapaian ini tidaklah mudah. Sejak debutnya di Piala Asia pada tahun 1996, tim ini telah mengalami berbagai suka dan duka, menghadapi tantangan yang beragam.

BACA JUGA:HUT TNI Ke-79, Satgas Pam Pulau Terluar Enggano Gotong Royong Pembangunan Masjid

Sejarah Prestasi Sepak Bola Indonesia

Dalam konteks sejarah, kita dapat melihat bahwa prestasi sepak bola Indonesia telah berakar sejak masa kepemimpinan Presiden Soekarno. Pada era Orde Lama, Indonesia pernah menjadi kekuatan di pentas Asia dan dunia.

Timnas Indonesia kala itu tidak hanya dipimpin oleh pelatih lokal, tetapi juga oleh pelatih asing seperti Choo Seng Quee dari Singapura dan Antun Pogacnik dari Yugoslavia.

Choo Seng Quee bahkan berhasil membawa timnas ke babak perempat final Asian Games I yang berlangsung di New Delhi pada tahun 1951.

BACA JUGA:Viral! 7 Mahasiswi Terjebak Lift, Bukannya Panik Malah Asik Melakukan Hal Ini

Pernah Kalahkan Jepang dan Korsel

Sejarah mencatatkan bahwa Indonesia pernah mencicipi juara Piala Asia U-20. Skuad Garuda Nusantara merengkuh gelar tersebut pada Piala Asia U-20 edisi 1961.

Pada 1961 silam, Indonesia berhasil mencapai partai final dan bertemu dengan Myanmar. Sehingga pertandingan berakhir dengan skor imbang 0-0.

Saat itu, belum ada aturan adu penalti. Dengan demikian, Indonesia dan Myanmar berhasil mengangkat trofi Piala Asia U-20 secara bersamaan. 

Dengan hasil ini, Indonesia dan Myanmar sama-sama meraih gelar juara Piala Remaja Asia 1961. Tah hanya itu, Indonesia juga tercatat pernah menjadi runner-up pada edisi 1967/1968 dan 1970.

Kategori :