Pemilik Motor Listrik Merapat! Begini Cara Mudah Merawat Motor Listrik agar Berumur Panjang

Senin 30-09-2024,13:43 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Setiap motor listrik dilengkapi dengan port pengisian daya, letaknya bisa saja berbeda antara satu motor dengan yang lainnya. Maka, temukan port pengisian daya pada motor listrik kamu, biasanya terletak di bagian depan atau bawah motor.

BACA JUGA:Tertarik Beli Motor Listrik? Ini Daftar Motor Listrik Harga Rp 5 Jutaan yang Dapat Subsidi dari Pemerintah

5. Colokkan Kabel Charger ke Sumber Listrik

Selanjutnya, sambungkan kabel pengisian daya dari charger ke sumber listrik di rumahmu. Biasanya, colokannya sudah didesain agar bisa terhubung ke soket listrik standar rumah tangga. Saat mencolokkan, pastikan kabel pengisian daya tidak terlipat atau tertekuk.

6. Tekan Tombol Pengisian Daya

Setelah kabel dicolokkan dengan baik, tekan tombol pengisian daya pada charger atau motor listrik kamu. Proses pengisian daya akan dimulai dan kamu bisa melihat indikator baterai untuk memantau progresnya.

BACA JUGA:14 Ciri-ciri Suami Anda Mulai Selingkuh, Pernah Mengalami Salah Satunya?

7. Segera Cabut Kabel jika Sudah Terisi Penuh

Kalau baterai motor listrik telah terisi penuh atau mendekati penuh, segera cabut colokannya. Jangan sampai overcharging karena bisa membuat baterai cepat rusak.

Nah itulah cara tepat untuk melakukan pengisian daya terhadap motor Listrik yang bisa sahabat Camkoha ikuti. Kemudian, agar baterai dari sepeda Listrik bisa tetap awet, jangan lupa untuk merawat baterai juga menjadi komponen yang tidak kalah penting.

Caranya tidak terlalu susah, sahabat camkoha cukup menghindari penggunaan baterai sampai benar-benar habis. Sebab, kalau sampai habis, kadang ngecas baterainya harus menggunakan alat bantu seperti jumper.

BACA JUGA:6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pemula, Yuk Dicoba!

Selanjutnya, sahabat Camkoha biasakan untuk melakukan pengisian daya secara berkala meskipun moto Listrik tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Setidaknya, jika jarang digunakan maka lakukanlah pengecasan minimal sebulan sekali, meski tidak sampai penuh. Pokoknya jangan membiarkan baterai dalam kondisi kosong karena bisa cepat rusak.

Dan kemudian, jika setelah menggunakan sepeda motor listrik, sebaiknya sahabat Camkoha menunggu setidaknya 30 menit setelah dimatikan. Ini akan memberi waktu bagi motor dan baterai mendingin sebelum ngecas.

Yang paling penting dalah tidak membenturkan baterai sepeda motor listik. Sebab, benturan pada baterai motor listrik bisa merusak komponen, bahkan memicu kebakaran. Ini karena baterainya terbuat dari lithium ion ataupun nikel kardium.

Kategori :