Begini Cara 5 Mudah Melakukan Perawatan Sepeda Listrik agar Awet Pemakaiannya

Senin 30-09-2024,18:50 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Begini cara mudah melakukan perawatan sepeda listrik agar awet pemakaiannya.

Sepeda listrik, atau dikenal juga dengan e-bike, powerbike, adalah sepeda yang mempunyai motor listrik sebagai alat bantu geraknya. 

Saat ini, sepeda Listrik sudah mulai berhamburan di jalanan menggantikan sepeda motor untuk digunakan sehari-hari, terutama kaum ibu-ibu yang sering keluar hanya untuk berbelanja ke pasar.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Merek Sepeda Listrik untuk Angkut Beban Berat, Pilihan Terbaik untuk Mobilitas

Perbedaan sepeda listrik dengan sepeda motor listrik adalah, sepeda listrik mempunyai pedal seperti sepeda pada umumnya, yang bisa juga digunakan untuk menggerakkan sepeda listrik tersebut, sedangkan sepeda motor listrik hanya mengandalkan motor listrik sebagai penggeraknya. 

Namun, sama seperti motor listrik, sepeda listrik juga membutuhkan perawatan agar bisa tetap awet pemakaian. Untuk itu berikut adalah bebebrapa cara mudah merawat sepeda Listrik yang harus kamu ketahui.

BACA JUGA:Daftar Harga Baterai Sepeda Listrik Terbaru 2024, Siapkan Uang Segini

Perawatan Sepeda Listrik

1. Menjaga Tekanan Ban

Pertama, jangan lupa untuk selalu merawat bagian ban sepeda listrik dengan cara menjaga tekanan agar selalu pas seperti yang telah ditentukan. Hal ini sangat penting, terutama bagi sepeda listrik. 

Tidak hanya karena sepeda listrik yang memiliki bobot berlebih, akan tetapi juga karena ban yang kekurangan tekanan angin akan menyebabkan tenaga listrik yang dikeluarkan sepeda ketika digunakan menjadi semakin boros. Hal ini berimbas kepada cepat berkurangnya daya baterai. 

Ban yang tidak proporsional dalam hal tekanan udaranya juga menyebabkan sepeda akan sulit dikendalikan serta tidak efektif dalam pengereman.

BACA JUGA:7 Kelebihan Sepeda Listrik Saige Aurora, Kapasitas Angkut Luar Biasa dengan Box Tambahan

2. Cek Kesehatan Rantai

Selanjutnya, tidak jauh berbeda dengan sepeda pada umumnya, sepeda listrik tentu saja masih memiliki rantai sebagai penggerak roda belakang. 

Untuk informasi, rantai merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sepeda. Bagian ini sama sekali tidak boleh lewat dari perawatan berkala. 

Apalagi dalam kasus sepeda listrik, rantai merupakan penghubung motor penggerak dengan roda belakang yang tentunya akan sangat merepotkan jika sudah terjadi kerusakan.

Biasanya, merawat rantai pada sepeda listrik ialah dengan memberikan pelumas. Untuk rantai sendiri memiliki dua pilihan pelumas, yaitu pelumas kering dan basah. 

Kategori :