Cara Mengetahui HP Disadap, Lindungi Data Pribadi Anda di Era Digital

Senin 30-09-2024,18:58 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Cara mengetahui HP disadap, lindungi data pribadi anda di era digital.

Di era digital ini, HP menjadi salah satu perangkat yang paling berharga bagi setiap individu. Berbagai informasi pribadi, data penting, dan akses ke rekening bank tersimpan di dalamnya, menjadikannya sasaran empuk bagi pelaku kejahatan siber. 

Salah satu bentuk kejahatan yang semakin marak adalah penyadapan HP, yang dapat mengancam privasi dan keamanan data Anda. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara-cara untuk mendeteksi apakah ponsel Anda disadap, agar Anda dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

BACA JUGA:8 Ciri-ciri HP di Hack dan Cara Mengatasinya, Jangan Sampai Informasi Pribadi Dicuri

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah ponsel Anda disadap dan  Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Periksa Kode USSD

Dikutip dari laman resmi cnnindonesia.com  cara paling sederhana untuk mengetahui status penyadapan ponsel Anda adalah dengan memeriksa menggunakan kode USSD. 

Anda dapat mengetik 21 untuk mengetahui apakah ada pengalihan panggilan, SMS, atau data yang dilakukan. 

Jika ada pengalihan yang mencurigakan, kemungkinan besar ponsel Anda sedang disadap. Selain itu, kode 06 dapat membantu Anda mendapatkan nomor IMEI ponsel yang dapat digunakan untuk melacak perangkat.

BACA JUGA:2 Rekomendasi HP Samsung Rp2 Jutaan RAM 12/128 GB, Pilihan Cerdas di Kelas Menengah

2. Adanya Telepon dari Nomor Tidak Dikenal

Jika Anda sering menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal, terutama jika penelepon tersebut tidak memberikan identitas yang jelas, ini bisa menjadi tanda bahwa ponsel Anda mungkin disadap. 

Pihak penyadap sering kali menghubungi targetnya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

BACA JUGA:Top 7 HP yang Kameranya Mirip Iphone 2024, Harga Lebih Terjangkau

3. Baterai Ponsel yang Boros

Salah satu cars lain mengetahui hp yang disadap adalah baterai yang cepat habis. Jika Anda merasa ponsel Anda mengeluarkan lebih banyak daya daripada biasanya tanpa ada penggunaan yang signifikan, ini bisa menjadi indikasi adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk tujuan penyadapan.

BACA JUGA:HP Redmi Terbaru Desain Mirip Iphone, Punya Kamera Boba, Harga Merakyat

4. Aktivitas Ponsel yang Lemot

Ponsel yang sering lag atau lemot juga bisa jadi tanda bahwa ada aplikasi atau perangkat lunak berbahaya yang berjalan di dalamnya. Jika ponsel Anda tiba-tiba menjadi lambat setelah Anda menginstal aplikasi baru atau setelah periode penggunaan tertentu, sebaiknya Anda waspada.

Kategori :