Ini 16 Negara yang Lolos Piala Asia U-20 2025, Termasuk Timnas Indonesia

Senin 30-09-2024,21:36 WIB
Reporter : ahmad afandi
Editor : ahmad afandi

Berbekal status juara Piala AFF U19 edisi terakhir, Indra Sjafri selaku pelatih tentu ingin membawa Garuda Muda berbicara banyak di ajang Piala Asia U20 2025 mendatang.

Selain Timnas Indonesia, status juara grup juga diamankan oleh sembilan berbeda di grup lainnya.

Sebagaimana misal dari Grup A, status kelolosan sebagai penguasa grup didapatkan oleh Suriah.

Suriah secara gemilang mampu menyapu bersih empat laga dengan kemenangan dan hanya kebobolan satu gol.

BACA JUGA:Peluang Timnas Lolos Lebih Cepat ke Piala Dunia, Berikut Rekap Kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia Grup ABC

Berkat performa gemilangnya tersebut, Suriah sukses menorehkan poin sempurna yakni 12 angka untuk lolos ke Piala Asia U20 2025.

Uzbekistan juga menorehkan catatan sempurna seperti Suriah namun di Grup B yang dihuni Kamboja, Bahrain, Nepal dan Taiwan.

Sukses mencetak empat kemenangan, menciptakan 21 gol dan kebobolan 1 gol membuat Uzbekistan lolos sempurna ke putaran final.

Korea Selatan, Iran dan Irak juga sama di mana ketiga negara itu lolos sempurna setelah menyapu bersih semua laga kualifikasi dengan kemenangan.

Lalu, Jepang, Indonesia, Korea Utara, dan Arab Saudi juga kompak lolos ke putaran final Piala Asia U20 2025 dengan cara hampir sempurna.

BACA JUGA:Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Ini 6 Negara Asia yang Dijagokan Lolos ke Babak Keempat

Bedanya, empat negara tersebut sempat menjalani satu laga yang berakhir dengan hasil imbang sehingga dapat dikatakan hampir sempurna.

Suriah, Korea Selatan, Uzbekistan, Arab Saudi, Iran, Iraq, Jepang, Korea Utara, Qatar dan Timnas Indonesia akhirnya kompak lolos ke Piala Asia U20 dengan status juara di grupnya masing-masing.

Sementara, lima negara yang lolos lewat jalur peringkat kedua terbaik ialah Yaman, Australia, Kirgistan, Thailand dan Yordania.

Lalu, satu slot peserta tersisa berhak menjadi milik China yang berstatus sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Asia U20 2025 yang bakal berlangsung pada Februari mendatang.

Nasib apes tentu dirasakan Vietnam yang gagal lolos mengikuti jejak Timnas Indonesia ataupun Thailand.

Kategori :