Heboh, Hotel-Hotel di Malaysia Terancam Diboikot, Ini Penyebabnya

Selasa 01-10-2024,09:28 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

Kementerian juga mengatakan bahwa mereka menyambut baik informasi lebih lanjut dari masyarakat mengenai masalah ini, yang dapat dikirim melalui email ke info@motac.gov.my. Kementerian juga menyarankan masyarakat selalu membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang ditetapkan hotel sebelum melakukan reservasi.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Hotel Bintang 5 di Kalimantan Timur, Fasilitas Terjamin

Pernyataan itu menuai kritik warganet Malaysia, menyebutnya "tidak solutif." "Bila pernyataan kementerian hanya soal membaca syarat dan ketentuan hotel, yah itu juga sudah kami lakukan. Mengapa kalian tidak melakukan sesuatu yang bermanfaat?" sindir seorang kritikus.

Catat Kunjungan Turis Asing Terbanyak di Asia Tenggara

Malaysia sendiri memimpin jumlah kunjungan turis asing terbanyak di Asia Tenggara pada 2023. Negeri Jiran menerima 26,1 juta turis asing antara Januari dan November 2023, menurut data yang dikumpulkan kementerian pariwisata negara-negara kawasan.

Melansir VN Express, Rabu, 20 Desember 2023, Thailand berada di urutan kedua dengan 24,6 juta wisatawan pada periode yang sama. Posisinya diikuti Singapura dengan 12,4 juta wisatawan dan Vietnam dengan 11,2 juta turis asing. Sementara itu, Indonesia, Filipina, dan Kamboja mencatat kurang dari 10 juta kedatangan wisatawan mancanegara dengan interval waktu yang berbeda.

BACA JUGA:Terekam CCTV, 2 Pelaku Curanmor Embat Yamaha Nmax di Parkiran Hotel

Pada akhir November 2023, Filipina mencatat hanya 4,6 juta wisatawan asing, sementara Indonesia dan Kamboja masing-masing menyambut 9,5 juta dan 4,4 juta sampai Oktober 2023. Tahun lalu, negara-negara Asia Tenggara berlomba menarik wisatawan asing dengan kebijakan imigrasi yang fleksibel.

Mulai 1 Desember 2023, Malaysia memberlakukan aturan bebas visa selama 30 hari bagi warga negara China daratan dan India, serupa dengan yang dilakukan Thailand. Menteri Pariwisata, Seni, dan Kebudayaan Malaysia Datuk Seri Tiong King Sing berharap kedatangan wisatawan akan terus meningkat menyusul penerapan kebijakan itu, The Star melaporkan.

Demikianlah ulasan, heboh, hotel-hotel di Malaysia terancam diboikot, ini penyebabnya.

 

(Novan)

 

Kategori :