5 Pertolongan Pertama saat Terkena Demam Berdarah, Kenali Gejalanya

Rabu 02-10-2024,12:27 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 5 pertolongan pertama saat terkena Demam Berdarah, kenali gejalanya.

Seperti diketahui, kasus kematian akibat demam berdarah atau DBD di Indonesia memang terus mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun ke tahun. Dengan itu mengenali gejala dan pertolongan pertama sangat perlu.

BACA JUGA:Kabar Duka Artis dan Politisi Marissa Haque Meninggal Dunia, Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Demam berdarah dengue (DBD) sendiri termasuk penyakit musiman yang sering terjadi di Indonesia. Demam berdarah merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang terjadi di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Biasanya, gejala yang akan dialami jika terkena DBD adalah demam tinggi dan gejala mirip flu, namun bisa menjadi lebih parah jika tidak segera ditangani.

Sebelum mengulas pertolongan pertama dan pengobatan demam berdarah, kenali dulu beberapa gejalanya.

BACA JUGA:Profil dan Harta Kekayaan Anggota DPR Termuda, Annisa Maharani Azzahra Mahesa

Pertolongan Pertama Terhadap Penderita DBD

Jika terdapat anggota keluarga atau orang terdekat yang mengalami gejala DBD, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama:

1. Banyak Istirahat (Bed Rest)

Menurut Kemenkes RI, selama menderita sakit demam berdarah pastikan penderita banyak istirahat agar kondisi kesehatannya cepat membaik. Selain itu, Anda juga perlu menjaga suasana kamar tidur agar tetap nyaman, misalnya dengan memastikan suhu kamarnya tidak terlalu dingin atau panas.

2. Beri Kompres Hangat

Pertolongan lainnya demam berdarah pada adalah memberi kompres hangat, baik di dahi, ketiak, lipatan siku, maupun selangkangan. Langkah ini baik dilakukan untuk menurunkan demam tinggi.

BACA JUGA:Profil dan Harta Kekayaan Anggota DPR Termuda, Annisa Maharani Azzahra Mahesa

3. Mandi dengan Air Hangat

Selama menderita sakit DBD, beberapa orang mungkin ragu untuk mandi, tetapi sebenarnya ini tetap perlu dilakukan agar kebersihan kulitnya penderita tetap terjaga. Mandilah dengan air hangat, karena juga bisa menurunkan demam pada anak selama sakit DBD.

4. Memerlukan Banyak Cairan

Penyakit DBD dapat meningkatkan risiko penderita akan mengalami dehidrasi, karena beberapa gejalanya seperti diare dan muntah-muntah. Karena itu, berikanlah banyak cairan, misalnya air putih dan sup hangat, untuk mencegah dehidrasi.

BACA JUGA:Kabar Duka Artis dan Politisi Marissa Haque Meninggal Dunia, Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

5. Memberi Obat

Anda juga dapat memberikan obat pereda nyeri, contohnya paracetamol. Obat ini digunakan untuk mengatasi demam, sakit kepala, hingga nyeri. Hindari memberikan aspirin atau ibuprofen kepada penderita karena berisiko menyebabkan perdarahan.

Kategori :