Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Bambu Kuning Bagi Kesehatan

Kamis 03-10-2024,09:57 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Ini membuatnya menjadi pilihan makanan sehat bagi mereka yang ingin menjaga kadar kolesterol dalam diet mereka tetap rendah, serta menjaga keseimbangan nutrisi secara keseluruhan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian telah menyatakan bahwa rebung memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL.

Kolesterol LDL yang tidak larut dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terbentuknya plak dalam arteri, yang pada akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung.

Oleh karena itu, mengonsumsi rebung dapat membantu melarutkan kolesterol LDL dan mencegah penyumbatan arteri, sehingga mengurangi risiko serangan jantung. Hal ini dapat diatribusikan kepada kandungan pitosterol dan fitonutrien yang bermanfaat dalam rebung.

BACA JUGA:Berikut Daftar 27 Pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

7. Memperbaiki Fungsi Hati

Rebung bambu kuning telah digunakan oleh nenek moyang sejak zaman dahulu sebagai pengobatan untuk penyakit kuning atau gangguan hati.

Tradisi ini telah diwariskan hingga zaman sekarang. Kandungan yang terdapat dalam rebung bambu kuning diyakini memiliki kemampuan untuk mengatasi dan merawat masalah lever atau gangguan hati.

Ini karena kandungan dalam rebung bambu kuning dianggap mampu memperbaiki fungsi hati yang rusak. Oleh karena itu, secara tradisional, rebung bambu kuning digunakan untuk mengatasi masalah ini.

BACA JUGA:Bukan hanya Sekadar Tumbuhan Kayu, Ini 6 Manfaat Air Bambu untuk Kesehatan Tubuh

8. Membantu Program Diet

Rebung sering digunakan sebagai bahan makanan dalam berbagai hidangan sayuran. Saat Anda sedang menjalani program diet, konsumsi sayuran menjadi sangat penting.

Sayuran memiliki peran yang penting dalam diet karena tingginya kandungan serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Rebung bambu kuning memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Mengonsumsi rebung bambu kuning juga dapat membantu memperbaiki pencernaan Anda, karena serat berperan penting dalam melancarkan proses pencernaan dan membantu melunakkan tinja sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Demikianlah manfaat dari bambu kuning baik batak dan rebungnya bisa memberi manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Nutri Sepiana

Kategori :