5 Manfaat Tuak Lontar untuk Kesehatan, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu

Kamis 03-10-2024,10:26 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Manfaat tersebut sering digunakan untuk menemani para kaum pria yang sedang bergadang untuk berbagai tujuan. Bagi mereka yang tidak biasa mengkonsumsi minuman dengan kandungan alkohol maka dapat memabukkan.

Rasanya yang kurang enak menjadikan setiap orang yang ingin memanfaatkan tuak sebagai penghangat tubuh tentu akan mengkonsumsinya sedikit demi sedikit dan perlahan seperti halnya manfaat wine.

BACA JUGA:Bukan hanya Sekadar Tumbuhan Kayu, Ini 6 Manfaat Air Bambu untuk Kesehatan Tubuh

2. Mengatasi sariawan

Meskipun memiliki kandungan alkohol, tuak juga mengandung beberapa nutris penting bagi tubuh yang salah satunya adalah vitamin C.

Kandungan alkohol dan vitamin C yang terdapat di dalam tuak tersebut dapat membantu dalam mengatasi kondisi sariawan. Mengatasi sariawan juga bis dengan menggunakan manfaat adem sari.

3. Membantu menenangkan tubuh

Manfaat tuak lontar lainnya adalah membantu untuk memberikan efek ketenangan pada orang yang sedang mengalami kondisi stres.

Kandungan alkohol yang terdapat di dalam tuak tersebut dapat menstimulus dan memberikan sifat relaksan serta mampu menenangkan pikiran. Bukan hanya menenangkan, tuak juga dapat membantu mengusir stres yang cukup kuat namun sesaat.

BACA JUGA:Berikut Daftar 27 Pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

4. Mengatasi permasalahan pada pencernaan

Selain alkohol, tuak juga memiliki kandungan nutrisi lain yang dapat digunakan untuk membantu memberikan manfaat tertentu bagi kesehatan.

Salah satu manfaat dari tuak lontar yang dapat berdampak positif bagi kesehatan adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi permasalahan yang sering muncul seperti contohnya sembelit.

5. Manfaat lainnya

Selain beberapa manfaat yang disebutkan tersebut, ada beberapa dampak positif lain dari tuak lontar yang juga merupakan manfaat air legen yang perlu diketahui yakni membantu menurunkan demam, mengatasi diabetes, menyehatkan tulang, dan beberapa manfaat lain yang tidak secara langsung berhubungan dengan kesehatan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat tuak lontar untuk kesehatan yang perlu diketahui.

BACA JUGA:Bersiap Lawan Timnas Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Ini Daftar Pemain Bahrain

Meskipun ada beberapa manfaatnya, kandungan alkohol pada tuak lontar dapat memicu berbagai macam masalah pisikis maupun fisik yang terjadi akibat banyaknya alkohol yang masuk ke dalam tubuh.

Disclaimer: artikel ini bukan untuk mengajak ke arah negatif, melainkan sekadar informasi untuk menambah wawasan positif.

Itulah manfaat tuak lontar bagi Kesehatan, semoga bermanfaat ya!

Putri Nurhidayati

Kategori :