8 Tips Mengumpulkan Dana Darurat dengan Cepat, Yuk Coba

Kamis 03-10-2024,12:27 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Lalu, dana darurat kedua adalah disiapkan ketika kamu mengalami musibah atau kecelakaan tidak terduga.

8. Memisahkan rekening khusus untuk dana darurat

Cara mengumpulkan dana darurat selanjutnya adalah memisahkan rekening khusus untuk menyimpan dana darurat.

Tujuannya, agar porsi-porsi keuangan yang telah kamu atur tidak tercampur. Selain bisa lebih teratur, cara ini juga dapat meminimalisir penggunaan dana darurat untuk kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA:Hanya Kenakan Handuk, Pria Ini Nekat Curi Motor Honda Beat Milik Guru SD, Aksinya Terekam CCTV!

Manfaat Memiliki Dana Darurat

Dana darurat tidak hanya untuk berjaga-jaga seandainya situasi darurat terjadi. Dana darurat bisa bermanfaat untuk beberapa hal berikut ini:

1. Sebagai dana untuk memperbaiki aset

Setiap orang tentu memiliki aset seperti rumah, mobil, atau motor sebagai hunian dan alat transportasi yang menunjang kehidupan. Akan tetapi, aset ini tidak bertahan selamanya.

Suatu saat, mereka dapat mengalami kerusakan atau keusangan. Ketika hal tersebut terjadi, maka kamu bisa menggunakan dana darurat untuk mengatasi hal tersebut.

BACA JUGA:Perahu Nelayan Diterjang Ombak, Satu Orang Patah Kaki

2. Menghindari utang

Selain kebutuhan mendesak, kamu juga bisa menghindari utang dengan dana darurat. Utang umumnya digunakan oleh sebagian orang yang belum mempersiapkan dana darurat.

Namun, utang dapat bersifat merugikan akibat timbulnya bunga yang tinggi. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu segera mempersiapkan dana darurat daripada harus memiliki utang.

BACA JUGA:Gak Hanya Buat Sayur, Ini 9 Manfaat Rebung Bambu Kuning untuk Kesehatan, Ketahui Cara Membuat

3. Meringankan beban kecelakaan dan sakit

Selain asuransi, dana darurat juga bisa dijadikan sebagai modal biaya kecelakaan dan sakit ketika dibutuhkan. Hal ini disebabkan biaya perawatan rumah sakit tidak hanya biaya obat-obatan dan biaya rumah sakit.

Akan tetapi, kamu juga memerlukan biaya makan, biaya transportasi, bahkan biaya cadangan penghasilan seandainya kamu tidak masuk kerja. Hal ini bisa diatasi jika kamu memiliki dana darurat ideal.

Itulah mengenai tips mengumpulkan dana darurat dengan cepat, semoga bermanfaat.

Putri Nurhidayati

Kategori :