9 Tips Efektif Hemat Pengeluaran Bulanan, Bisa Awet Sampai Akhir Bulan, Ikuti Panduannya

Kamis 03-10-2024,15:19 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Upayakan untuk tidak berorientasi pada merk melainkan kualitas. Apabila kualitas dari dua merk itu sama, selalu prioritaskan produk dengan harga yang lebih murah.

Ingat, tujuan Anda adalah hendak menghemat pengeluaran bulanan sehingga upayakan agar hal ini bisa berjalan dengan baik dan selalu terarah. Jadi, jangan pernah lelah dalam membandingkan harga.

4. Langsung Sisihkan Pendapatan

Metode 60,20,20 bisa menjadi metode yang baik bagi Anda yang ingin mulai menyisihkan pendapatan, dengan rincian bahwa 60% untuk memenuhi kebutuhan prioritas, 20% sebagai dana darurat, dan 20% sisanya untuk ditabung atau diinvestasikan.

BACA JUGA:Tak Selalu Buruk, Ternyata Ini Manfaat Arak untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Dengan begitu, Anda bisa tahu tingkat prioritas pendapatan bulanan dan bagaimana seharusnya pendapatan dipecah atau disisihkan untuk berbagai kebutuhan lainnya.

5. Catat Setiap Pengeluaran

Rutin mencatat pengeluaran bisa membantu Anda dalam banyak hal. Pertama, Anda tahu pengeluaran untuk keperluan apa yang paling besar jumlahnya sehingga Anda bisa meredam nominal pengeluaran untuk keperluan tersebut.

Kedua, Anda bisa memonitor arus kas Anda setiap bulannya. Ketiga, dari sekian banyak pengeluaran, Anda tahu apa yang harus diprioritaskan, dikurangi, atau dicarikan alternatif untuk produk sejenis yang lebih murah.

BACA JUGA:Perusahaan di Seluma Wajib Bantu Tanggung Iuran BPJS Warga Desa Penyangga

Soal ini, Anda bisa menggunakan bantuan berbagai aplikasi seperti Google Spreadsheet atau Microsoft Excel yang lebih tradisional atau Moneyfy, Money Manager, hingga MoneyLover.

6. Buat Rekening Terpisah

Bila perlu, agar uang yang berhasil disisihkan ‘aman’ keberadaannya, buatlah rekening terpisah dan tabung ke dalamnya.

Nantinya, tabungan tersebut bisa Anda gunakan sebagai dana darurat atau pun dana utama untuk memenuhi berbagai tujuan finansial Anda.

Namun, cobalah selektif dalam memilih bank. Jadikan biaya per bulan, nominal saldo yang ‘harus’ mengendap di dalam, dan biaya-biaya lain sebagai pertimbangan.

Hal tersebut perlu dilakukan demi menghindari potongan-potongan yang tak perlu sehingga tabungan Anda malah terkuras nilainya.

BACA JUGA:8 Tips Mengumpulkan Dana Darurat dengan Cepat, Yuk Coba

7. Cari sumber pendapatan tambahan

Tips lainya yang bisa kamu lakukan adalah mencari sumber pendapatan tambahan. Jika pendapatanmu tidak cukup untuk menutup pengeluaranmu, maka kamu harus mencari cara untuk menambah penghasilanmu. 

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang tambahan, misalnya dengan menjual barang bekas, menjadi freelancer, mengikuti survei online, atau berinvestasi.

Kategori :