Cara Membuat Anggaran Rumah Tangga untuk Pemula, Mudah dan Pasti Berhasil

Kamis 03-10-2024,15:53 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Gunakan lembar kerja untuk membantu memulai anggaran. Dapat juga membuat lembar kerja anggaran menggunakan program spreadsheet gratis, seperti yang ditawarkan oleh Vertex42 dan It’s Your Money, atau bahkan menggunakan kertas dan pena saja.

3. Jumlahkan Semua Pengeluaran

Buat daftar semua biaya tetap dan jumlah biaya keseluruhan. Beberapa pengeluaran tetap seperti biaya untuk sewa, pajak properti, listrik, air dan bahan makanan.

Untuk biaya variabel, tulis jumlah maksimum yang berencana untuk dibelanjakan dalam kategori itu atau jumlah yang diharapkan dari tagihan.

Gunakan laporan bank dan kartu kredit untuk membantu mengetahui apa yang biasanya dibelanjakan setiap bulan. Meninjau pengeluaran bulan lalu, juga dapat membantu menemukan kategori pengeluaran yang mungkin terlewatkan.

BACA JUGA:Kesempatan Dalam Kesempitan, Heboh Foto dan Video Mesra Diduga Bupati dan Kadis saat Dinas Luar Kota

4. Hitung Penghasilan Bersih

Pendapatan bersih adalah apa yang tersisa setelah semua tagihan dibayar. Tentu ingin ini menjadi angka positif sehingga dapat digunakan untuk membayar hutang, tabungan, atau tujuan keuangan lainnya.

Hitung pendapatan bersih dengan mengurangkan pengeluaran dari pendapatan bulanan. Tuliskan angkanya, meskipun negatif.

5. Sesuaikan Pengeluaran

Jika pendapatan bersih negatif, artinya pada anggaran yang dibuat lebih besar pengeluaran dari pada pendapatan. Ini harus diperbaiki evaluasi pengeluaran dengan menggunakan analisis "keinginan vs kebutuhan".

Kurangi atau bahkan hilangkan pengeluaran di bagian "keinginan" tersebut untuk memberi lebih banyak ruang bagi hal-hal yang "perlu" dibelanjakan.

BACA JUGA:Cetak Desain APK, KPU Seluma Kumpulkan LO Paslon Bupati dan Wakil Bupati

6. Buat Daftar Penghasilan

Mulailah dengan mengetahui berapa banyak yang dihasilkan setiap bulannya. Masukkan semua sumber pendapatan yang dapat diandalkan seperti gaji dari pekerjaan, tunjangan, tunjangan anak, dan lainnya.

Jika mendapatkan uang tunai dari pekerjaan atau hobi di luar, tetapi tidak secara teratur, jangan memasukkan itu sebagai pendapatan dalam anggaran.

Kategori :