9 Kesalahan Umum Budgeting, Apakah Kamu juga Melakukannya?

Kamis 03-10-2024,19:33 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Idealnya, jumlah dana darurat yang harus Anda miliki sebaiknya dapat memenuhi kebutuhan hidup selama 3 sampai 6 bulan.

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Tuak untuk Kesehatan Ginjal!

Jika Anda tidak memiliki jaring pengaman ini, maka saat sesuatu terjadi pada hidup Anda, Anda harus mengeluarkan uang tabungan atau yang lebih parah lagi adalah berhutang.

Dana darurat memang sangat besar jumlahnya. Namun Anda bisa membangunnya sedikit demi sedikit, sesuai kemampuan finansial Anda.

Jadi ketika Anda kehilangan pekerjaan secara tiba-tiba, Anda tidak perlu bingung memikirkan biaya hidup selama beberapa bulan ke depan sambil mencari pekerjaan baru.

4. Tidak pernah membuat budgeting

Kesalahan lainya dan sering dilakukan oleh banyak orang adalah tidak memiliki budgeting itu sendiri. Jika Anda tidak membuat rencana pengeluaran setiap bulan, bisa-bisa Anda mengeluarkan uang lebih banyak dari yang Anda dapatkan dan akhirnya memaksa Anda untuk berhutang.

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Tuak untuk Kesehatan Ginjal!

Yang lebih buruk lagi, Anda mungkin tidak memiliki tabungan untuk tujuan finansial yang penting seperti dana pensiun atau cicilan rumah. 

Jika Anda merasa terlalu banyak item yang harus dimasukkan untuk budgeting, Anda bisa memulai dengan satu atau dua kategori saja yang mudah dipenuhi, misalnya seperti tabungan pensiun dan dana darurat.

5. Hanya mengandalkan “kira-kira”

Jangan pernah percaya dengan yang namanya “perkiraan”, karena seringnya hal itu akan meleset. Pengeluaran Anda bisa jadi lebih sedikit atau lebih besar dari perkiraan. Kesalahan ini sering terjadi ketika Anda sedang melakukan budgeting.

Anda tidak tahu pasti berapa yang Anda keluarkan setiap bulan untuk makanan dan transportasi, misalnya. Lalu Anda hanya memperkirakan jumlahnya saja. 

BACA JUGA:Mengenal Tuak Beras Dalam Tradisi Suku Dayak, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Sebaiknya, telusuri kembali pengeluaran Anda melalui struk atau nota yang mungkin masih Anda simpan. Dengan demikian, budgeting yang Anda susun bisa jauh lebih akurat dan bisa diandalkan.

6. Tidak menyisihkan uang untuk bersenang-senang

Berhemat bukan berarti tidak bersenang-senang. Hiburan tetap menjadi aspek penting dalam hidup Anda. Sisihkan uang uang kegiatan yang akan membuat Anda bahagia agar keuangan tetap terkontrol.

Misalnya makan malam di restoran favorit, pergi liburan ke tempat yang baru, menonton konser, dan lain sebagainya.

Tapi ingat, pastikan budget yang disediakan untuk bersenang-senang masih dalam batas wajar. Lalu yang tidak kalah penting, tetap taat dengan aturan yang sudah dibuat, jangan tergoda untuk mengeluarkan lebih hanya karena Anda ketagihan.

Kategori :