Warga Bengkulu Hati-hati, BMKG Prediksi 8 Daerah Ini Diguyur Hujan Sore Ini

Jumat 04-10-2024,14:43 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Hal ini sangat penting terutama di daerah yang memiliki suhu tinggi sepanjang tahun. Penyegaran ini membuat kita merasa nyaman dan dapat menjalankan aktivitas dengan lebih baik.

BACA JUGA:Aliran Listrik Selama Rangkaian Tahapan Pilkada Lancar, Itu Kata Manajer UP3 PLN Bengkulu

- Dampak Negatif

1. Banjir dan Longsor

Salah satu dampak negatif yang paling sering dikaitkan dengan musim hujan adalah banjir dan longsor. Curah hujan yang berlebihan dapat membuat aliran air di sungai meluap, membanjiri daerah sekitarnya.

Banjir dapat merusak properti, menghancurkan infrastruktur, dan memicu kehilangan jiwa.
Selain itu, curah hujan yang tinggi juga dapat menyebabkan tanah longsor, yang dapat menimbulkan kerusakan dan bahaya bagi masyarakat yang tinggal di sekitar daerah rawan longsor.

2. Gangguan Transportasi

Musim hujan sering kali mengganggu sektor transportasi. Jalan menjadi licin dan sulit dilalui, terutama di daerah-daerah yang tidak memiliki infrastruktur drainase yang memadai.

Banjir dapat menyebabkan terhentinya moda transportasi seperti kereta api yang terendam air, serta kesulitan dalam mengakses daerah-daerah terpencil. Gangguan ini dapat menyebabkan keterlambatan dan ketidaknyamanan bagi para pengguna jasa transportasi.

BACA JUGA:Aliran Listrik Selama Rangkaian Tahapan Pilkada Lancar, Itu Kata Manajer UP3 PLN Bengkulu

3. Penyebaran Penyakit dan Keberlanjutan Hidup

Musim hujan juga dapat membawa dampak negatif pada sektor kesehatan. Kelembaban yang tinggi dan air yang tergenang dapat menjadi tempat berkembangnya berbagai penyakit, seperti demam berdarah, malaria, dan leptospirosis.

Selain itu, banjir juga dapat mengakibatkan kerugian ekonomi dan sosial, terutama jika daerah yang terkena banjir mengalami kerusakan yang signifikan.

Nutri Septiana

Kategori :