Ini Prakiraan Jadwal Musim Hujan di Jawa Barat, BMKG Imbau Waspada Bencana Hidrometeorologis

Senin 07-10-2024,10:12 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Namun, beberapa wilayah masih berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, serta angin kencang di beberapa bagian Jawa Barat.

BACA JUGA:9 Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Barat, Dijamin Liburan Makin Asyik

BMKG Imbau Waspada Bencana Hidrometeorologis

Ayu mengimbau kepada masyarakat yang memiliki aktivitas di luar ruangan apabila terjadi cuaca buruk diharapkan untuk berlindung ditempat yang aman.

Selain itu, masyarakat diharapkan juga untuk selalu melihat informasi cuaca dan iklim dari web dan media sosial resmi BMKG.

"Masyarakat diharapkan mulai waspada terhadap bencana hidrometeorologis, berupa genangan, banjir, tanah longsor dan angin kencang," pungkasnya.

Sementara itu, untuk informasi tambahan, saat sedang musim hujan, cuaca umumnya juga menjadi lebih dingin.

Selain cuaca yang dingin, berpergian keluar rumah juga akan memiliki beberapa risiko berbahaya seperti terpeleset atau lain sebagainya. Sehingga pergerakan untuk melakukan kegiatan di luar rumah akan terasa sangat menakutkan.

BACA JUGA:9 Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Barat, Dijamin Liburan Makin Asyik

Bagi sebagian orang mungkin bisa beralih dengan melakukan kegiatan di dalam rumah seperti memilih memasak menu makanan saat hujan yang bisa menghangatkan tubuh.

Namun, selain memasak makanan, masih banyak pilihan aktivitas saat hujan yang bisa dilakukan. Apa saja itu?

Rekomendasi Kegiatan saat Hujan yang Seru dan Bermanfaat

Berikut beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan didalam rumah saat hujan:

1. Menyelesaikan Pekerjaan

Terkadang, pekerjaan yang harus diselesaikan bisa tertunda karena adanya distraksi dari luar. Nah, hujan adalah momen yang tepat untuk lebih fokus menyelesaikan pekerjaan.

Ritme suara hujan memiliki kemampuan untuk menyamarkan berbagai suara bising yang cenderung mengganggu. Pada akhirnya, pikiran akan menjadi tenang dan fokus, serta membuat tubuh lebih rileks.

BACA JUGA:9 Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Barat, Dijamin Liburan Makin Asyik

2. Membaca Novel

Sama halnya dengan penjelasan sebelumnya, efek tenang yang ditimbulkan oleh suara hujan bisa dimanfaatkan untuk membaca buku.

Kategori :