Bukan Pakai Cotton Buds, Begini Cara Membersihkan Kotoran Telinga Bayi

Senin 07-10-2024,15:05 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bukan pakai cotton buds, begini cara membersihkan kotoran telinga bayi.

Dalam merawat bayi tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan agar tidak melukai kulit lembut dan organ tubuhnya yang masih mungil. Salah satu yang harus diperhatikan adalah cara membersihkan telinga bayi.

BACA JUGA:Apa Itu Gelar Honoris Causa yang Diterima Raffi Ahmad? Simak Informasi Lengkapnya di Sini

Sebenarnya merawat kebersihan telinga bayi merupakan hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan, salah satu tujuan utamanya adalah mengurangi risiko bayi mengalami gangguan akibat penumpukan kotoran telinga dan infeksi telinga.

Selain itu, jika telinganya bersih maka Si Kecil juga akan merasa lebih nyaman. Supaya kamu tidak salah melakukannya dan malah berisiko melukai Si Kecil, yuk simak beberapa cara aman dan mudah untuk membersihkan telinga bayi di artikel ini.

BACA JUGA:Daftar Aplikasi Prakiraan Cuaca yang Valid dan Gratis, Android dan IOS Bisa Pakai

Cara Membersihkan Kotoran Telinga Bayi

Berikut ini cara membersihkan telinga bayi yang aman:

1. Menggunakan Kain Lap

Cara membersihkan telinga bayi yang terbaik pertama adalah dengan menggunakan waslap lembut yang dicelupkan ke dalam air hangat.

- Pertama, celupkan waslap ke dalam air hangat dan peras untuk menghilangkan kelebihan air.

- Kedua, gunakan untuk menyeka di sekitar area luar telinga bayi untuk secara bertahap membersihkan kotoran telinga yang menetes di luar.

- Sebagian besar kotoran telinga akan rontok dengan sendirinya. Sisanya bisa dilap dengan mudah.

- Jangan mendorong waslap ke dalam lubang telinga.
Bawa Si Kecil ke dokter anak dan biarkan dia memeriksa telinganya. Dokter anak mungkin akan mengikis kotoran di dalam telinga menggunakan alat kecil.

BACA JUGA:Cara Cek Prakiraan Cuaca dengan Gunakan AI, Cepat dan Akurat

2. Tetes Minyak Zaitun untuk Bagian Dalam Telinga

Cara membersihkan telinga bayi selanjutnya adalah teteskan minyak zaitun. Tidak banyak penelitian besar dan berkualitas tinggi tentang keefektifan minyak zaitun untuk menghilangkan kotoran telinga.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Practice Nursing, mengikuti peserta yang mengoleskan minyak zaitun ke telinga mereka setiap malam selama 24 minggu.

Kategori :