8 Komponen Penentu Kelulusan UKMPPG Bagi Peserta PPG Guru

Senin 07-10-2024,19:02 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 8 komponen penentu kelulusan UKMPPG bagi peserta PPG Guru.
Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG) merupakan tahap yang sangat penting dalam perjalanan seorang calon pendidik di Indonesia. 

BACA JUGA:Ini 4 Jenis Pelanggaran yang Wajib Diketahui Saat UKPPPG dari Ringan Hingga Sangat Berat

Ujian ini berfungsi sebagai penilaian kemampuan dan kompetensi yang harus dilalui oleh mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebelum mereka mendapatkan sertifikat pendidik. 
Sertifikat ini tidak hanya menjadi tanda kelulusan, tetapi juga merupakan pengakuan resmi bahwa seseorang telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan untuk menjadi seorang guru. 

BACA JUGA:5 Cara Mudah Cetak Kartu Ujian CPNS 2024

Lantas, apa saja yang menjadi penentu kelulusan UKMPPG bagi peserta PPG guru? Mari kita bahas lebih lanjut mengenai hal ini.

Struktur UKMPPG

Dilansir dari laman resmi panduanmengajar.com UKMPPG terdiri dari dua komponen utama  Uji Pengetahuan (UP) dan Uji Kinerja (UKin).
UKMPPG bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana peserta menguasai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pendidik yang efektif. 

BACA JUGA:Kapan Sertifikasi Guru Diberikan ke Peserta PPG Tahap 1? Catat Tanggal Pengumuman Kelulusannya Ini

Jika seorang peserta dinyatakan tidak lulus, kemungkinan besar penyebabnya adalah tidak memenuhi ambang batas nilai yang ditetapkan pada salah satu atau kedua ujian tersebut.

Berikut ini 8 komponen penentu kelulusan UKMPPG Bbagi peserta PPPG Guru:

1. Profesionalisme Pendidik

Sebagai pendidik, menjalankan tugas tidak hanya sebatas mentransfer pengetahuan. Profesionalisme seorang guru harus diwarnai oleh komitmen terhadap nilai-nilai Pancasila dan etika profesi. 

2. Pengembangan Diri Profesional

Untuk menjadi guru yang profesional, pendidik harus terus mengembangkan diri. Pengembangan diri tidak hanya dilakukan melalui pendidikan formal, tetapi juga melalui pelatihan, seminar, dan kegiatan profesional lainnya.

BACA JUGA:6 Penyebab Gagal Dalam UKMPPG, Begini Cara Menghadapinya

3. Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik

Metode pembelajaran yang berfokus pada peserta didik sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Pendidik harus menciptakan suasana yang mendukung eksplorasi dan partisipasi aktif dari peserta didik.

4. Perancangan Pembelajaran

Perancangan pembelajaran yang terstruktur adalah kunci untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif. Dalam merancang pembelajaran, pendidik perlu mengintegrasikan materi ajar, pedagogi, dan teknologi. 

BACA JUGA:Begini Skema Penilaian UKPPPG 2024 untuk Ujian Kinerja dan Ujian Tertulis

5. Analisis Materi Ajar

Kategori :