5 Cara agar Sepatu Tidak Berjamur, Mudah dan Penting Dilakukan!

Selasa 08-10-2024,15:16 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Sebelum menyimpan sepatu kesayangan setelah digunakan, ada baiknya lakukan pengisian sepatu dengan kertas atau pengganjal. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi sepatu walau pun jarang digunakan.

BACA JUGA:OTT di Kalimantan Selatan, KPK Sita Uang Rp 10 Miliar Lebih

Sementara itu, jika ada jamur pada sepatu, hal itu akan mengganggu penggunaan alas kaki, sehingga harus segera dituntaskan dengan cara diatas.

Namun, sebenarnya ada sejumlah penyebab yang perlu juga kamu ketahui agar peristiwa sepatu berjamur bisa diminimalisir. Dilansir dari idntimes.com, berikut penyebab sepatu berjamur:

1. Rak tersimpan di tempat lembap

Menyimpan rak di tempat yang lembap juga menjadi salah satu penyebab mengapa sepatu kamu mudah berjamur.

Beberapa rak kerap disimpan di sudut rumah, baik itu di dalam ataupun di luar. Jika kamu meletakannya di tempat yang tidak tepat, maka hal tersebut tentunya akan menciptakan kondisi yang mendukung pertumbuhan jamur.

Kelembapan merupakan salah satu lokasi sensitif yang sangat dihindari untuk menyimpan beberapa alas kaki.

Sehingga sebisa mungkin kamu harus memastikan bahwa lokasi penyimpanan benar-benar kering, sejuk, dan terhindar dari kelembapan.

BACA JUGA:OTT di Kalimantan Selatan, KPK Sita Uang Rp 10 Miliar Lebih

2. Sepatu basah

Sepatu basah yang diakibatkan dari proses pengeringan yang tidak tuntas bisa meningkatkan risiko pertumbuhan jamur di dalamnya.

Itu karena sepatu basah menciptakan kelembapan yang tertinggal di bagian dalam sehingga dapat memberikan lingkungan yang cocok bagi jamur untuk berkembang. Hal ini akan membuat sepatu menjadi kurang nyaman dipakai, bahkan bisa berpotensi menjadi sangat bau.

Maka dari itu, pastikan sepatu kamu selalu kering sebelum menyimpannya. Kalau kamu merasa sepatu masih dalam kondisi basah, maka perpanjang proses pengeringannya dan pastikan sepatu benar-benar kering.

Selain itu, kamu juga bisa menyumpal bagian dalam sepatu pakai koran untuk menyerap kelempaban. Hal ini dilakukan demi kebaikan sepatu kamu supaya tidak berjamur lagi ketika disimpan di dalam rak.

BACA JUGA:Heboh! Netizen Keluhkan Uang Rp 75 Ribu Ditolak Buat Jajan, Ini Penjelasan Bank Indonesia

3. Kontaminasi yang tidak disadari

Kategori :