Profil dan Kontroversi Omar Mohamed Al Ali, Wasit Indonesia VS China

Selasa 15-10-2024,08:54 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Kendati demikian, Al-Ali juga dikenal sebagai wasit yang mampu menjaga ketenangan di lapangan. Dalam setiap pertandingan, ia berusaha menjalin kerja sama yang baik dengan para pemain, memperlakukan mereka sebagai teman untuk mempermudah pengelolaan pertandingan.

BACA JUGA:Waspada, Ini 8 Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu yang Harus Anda Hindari

Al-Ali juga menekankan pentingnya kesabaran, baik di dalam maupun di luar lapangan. Ia mengaku bahwa profesi wasit telah mengajarkan banyak hal, termasuk menerima kritik dan bekerja keras demi hasil yang maksimal.

Pengalaman dengan Timnas Indonesia dan China

Meski belum pernah memimpin pertandingan yang melibatkan Timnas Indonesia, Omar Al-Ali sudah memiliki pengalaman memimpin laga Timnas China.

Salah satu pertemuannya dengan China terjadi pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, ketika China menghadapi Singapura dan menang dengan skor 4-1.

Di pertandingan tersebut, Al-Ali juga sempat mengeluarkan kartu merah untuk pemain China, Li Yuanyi, namun China tetap tampil dominan dan meraih kemenangan.

BACA JUGA:Mendatangi Kuburan Ketika Hidup Terlilit Masalah dan Utang, Begini Kisah yang Diceritakan Gus Baha

Protes Kepemimpinan Ahmed Al Kaf

Di sisi lain, PSSI baru-baru ini mengajukan protes kepada AFC dan FIFA terkait kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf dalam pertandingan Bahrain melawan Indonesia, karena PSSI menilai keputusan wasit tersebut menguntungkan tim tuan rumah.

Dengan penunjukan Al Ali sebagai wasit utama dalam pertandingan China melawan Indonesia, laga ini berpotensi menimbulkan kontroversi.

Terlebih lagi, kedua tim saat ini sama-sama membutuhkan poin untuk bersaing di kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia saat ini belum pernah kalah bersama Jepang. Namun, Garuda juga belum meraih kemenangan, dengan hasil imbang 1-1 melawan Arab Saudi, 0-0 melawan Australia, dan 2-2 kontra Bahrain.

BACA JUGA:Ruko Milik Calon Bupati Incumbent di Provinsi Bengkulu Terbakar

Dalam pertandingan melawan Bahrain, Timnas Indonesia sempat unggul hingga injury time, namun kemenangan yang sudah di depan mata sirna akibat gol kontroversial dari pemain Bahrain di menit ke-99, yang menjadi sorotan karena waktu tambahan yang diberikan adalah 6 menit.

Oleh karena itu, menjelang pertandingan melawan China di matchday 4 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia hari ini, Timnas Indonesia akan berusaha keras untuk meraih hasil positif.

Itulah tadi informasi terkait profil serta sejumlah kontroversi dari wasit asalah Timur Tengah Omar Mohamed Al Ali yang akan memimpin pertandingan Indonesia VS China hari ini!

Putri Nurhidayati

Kategori :