Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2024, Ini Bacaan Niatnya, Yuk Amalkan!

Kamis 17-10-2024,09:13 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

5. Menyegerakan berbuka puasa saat waktu Maghrib tiba dan membaca doa berbuka puasa

BACA JUGA:Pahami Ini, Ternyata Syarat Peserta Supaya Lulus SKD CPNS 2024 Bukan Cuma Passing Grade

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Umat muslim yang akan melaksanakan puasa Ayyamul Bidh adalah umat bertakwa yang tak ingin merugi karena puasa sunah ini memiliki banyak keutamaan.

Berikut ini berbagai keutamaan puasa Ayyamul Bidh yang bisa menjadi penyemangat dan motivasi bagi kamu yang ingin mengerjakannya.

1. Pahala Setara Puasa Sepanjang Tahun

Dari Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda kepadanya,


يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

"Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah)." (HR. Tirmidzi, no. 761)

Keutamaan bagi seorang muslim yang mengerjakan ibadah sunah ini yakni akan dicatat pahalanya seperti orang yang berpuasa sepanjang tahun. Memang amalan ini tak akan mendapat dosa jika tak dilakukan, namun sebagai muslim yang taat tentu tak mau melewatkan kesempatan untuk bisa mendapatkan pahala ini.

Dengan melakukan puasa tiga hari tiap bulan akan diganjar pahala sama seperti melaksanakan ibadah puasa sepanjang tahun.

BACA JUGA:Daftar Varian Laptop Asus Tuf Gaming Terbaru Oktober 2024, Cek Harga dan Spesifikasinya di Sini

Demikian pendapat Imam as-Subki dan ulama lainnya. Pendapat tersebut disandarkan pada hadis riwayat Ibnu Majah dan at-Tirmidzi, yakni sebagai berikut:


عَنْ أَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَنَّ النَّبِيَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ صَامَ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ثَلَاثَة أَيَّام، فَذَلِكَ صِيَامُ الدَّهْرِ، فَأَنْزَلَ اللهُ تَصْدِيقَ ذَلِكَ فِي كِتَابهِ الْكَرِيم: مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَة فَلهُ عشر أَمْثَالهَا
[الأنعام: 160]. اَلْيَوْمُ بِعشْرَةِ أَيَّامٍ (رَوَاهُ ابْن ماجة وَالتِّرْمِذِيّ. وَقَالَ: حسن .وَصَححهُ ابْن حبَان من حَدِيث أبي هُرَيْرَة رَضِيَ اللهُ عَنْه)

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Dzar ra, sungguh Nabi saw bersabda: 'Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun. Kemudian Allah menurunkan ayat dalam kitabnya yang mulai karena membenarkan hal tersebut: 'Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka baginya pahala 10 kali lipatnya' [QS al-An'am: 160].

BACA JUGA:Bikin Awet Muda, Ini 6 Manfaat Ampas Kopi Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Satu hari sama dengan 10 hari'." (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi. Ia berkata: "Hadits ini hasan." Ibnu Majah juga menilanya sebagai hadits shahih dari jalur riwayat Abu Hurairah ra). (Abu Bakar Ibnus Sayyid Muhamamd Syatha ad-Dimyathi, I'ânatut Thâlibîn, [Beirut, Dârul Fikr], juz II, halaman 269; dan Ibnul Mulaqqin, Tuhfatul Muhtâj ilâ Adillatil Manhâj, [Makkah, Dâru Harrâ': 1406 H], juz II, h. 109-110).

2. Diperbolehkan Masuk Surga Ar Rayyan

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah riwayat:
Dari Sahl bin Sa'ad, dari Nabi SAW, beliau bersabda,


إِنَّ فِى الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ ، يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ ، فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ ، فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

Kategori :