4 Titik Lokasi Razia Operasi Zebra Candi Oktober 2024 di Magelang dan 12 Jenis Pelanggaran yang Disasar

Kamis 17-10-2024,12:54 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 4 titik lokasi razia Operasi Zebra Candi Oktober 2024 di Magelang dan 12 jenis sasarang yang disasar polisi.
Operasi Zebra Candi 2024 resmi diberlakukan oleh Polres Magelang Kota, tepatnya Senin, 14 Oktober 2024. 

BACA JUGA:Pastikan Surat Lengkap, Ini Sasaran Pelanggaran Operasi Zebra Oktober 2024 di Kota Tegal

Apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Magelang Kota, AKBP Dhanang Bagus Anggoro, menandai dimulainya operasi selama dua pekan ke depan, mulai 14-27 Oktober 2024.
"Melalui Operasi Zebra Candi 2024, kami berkomitmen untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman dan nyaman, sekaligus mendukung suksesnya pelantikan Presiden terpilih," tegas Kapolres Dhanang saat menyampaikan amanat dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ribut Hari Wibowo.

BACA JUGA:Juru Parkir Pasar Panorama Dipukul Pedagang, Pelaku Sempat Pakai Sajam

Operasi kali ini akan menindak tegas sejumlah pelanggaran lalu lintas yang sering terjadi, seperti pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, tidak memiliki spion atau menggunakan knalpot brong. 

Sementara itu, pengendara mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, atau memodifikasi kendaraan secara berlebihan juga menjadi sasaran.
"Kami akan melakukan penilangan langsung di tempat terhadap pelanggar lalu lintas. Titik-titik operasi akan tersebar di seluruh wilayah Kota Magelang, dengan fokus utama di kawasan tertib lalu lintas (KTL) seperti Alun-alun," tambah Kapolres.

BACA JUGA:Rumah di Ilir Talo Terbakar saat Pemiliknya Sedang Cuci Motor

Untuk mencapai hasil yang optimal, Polres Magelang Kota melibatkan personel gabungan dari TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan dalam pelaksanaan operasi.
Sinergi antar instansi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas penindakan dan memberikan efek jera kepada pelanggar.
"Kami berharap operasi ini dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas," ujar Kapolres.

BACA JUGA:Hati-hati Terjaring! Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Oktober 2024 di Gunung Kidul

Titik Lokasi Operasi Zebra Candi Oktober 2024 Magelang

Operasi Zebra Candi 2024 di Magelang akan diberlakukan di beberapa titik lokasi utama  yang menjadi fokus penindakan:

1. Alun-alun Magelang

2. Jalan Kolonel Sugiyono di depan SPBU Gadang

3. Jalan Dinoyo

4. Titik black spot di berbagai kawasan seperti Jalan Raya Thamrin di Kecamatan Lawang, Jalan Raya Ngebruk di Kecamatan Sumberpucung, serta Jalan Nasional di Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji.

Petugas akan berkeliling mengawasi aktivitas pengendara dan memberikan sanksi kepada pelanggar lalu lintas yang sering menimbulkan kecelakaan, seperti penggunaan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan helm, melawan arus, dan melebihi batas kecepatan.

BACA JUGA:Segera Cek! Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Oktober 2024 di Purwokerto, Siap-siap Ditindak Jika Melanggar

Dalam Operasi Zebra Candi 2024 di Magelang, ada beberapa jenis pelanggaran yang menjadi fokus penindakan.
Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kendaraan overload dan over dimensi

2. Pengemudi atau pengendara di bawah umur

Kategori :