Wajib Tertib Berlalu Lintas! Simak, Ini Titik Lokasi Razia Operasi Zebra 2024 di Klaten

Sabtu 19-10-2024,17:02 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM -  Operasi Zebra 2024 di Kabupaten Klaten sudah dimulai sejak Senin, 14 Oktober 2024 dan akan berlangsung selama dua pekan hingga Minggu, 27 Oktober 2024.  Wajib tertib berlalu lintas! simak, ini titik lokasi razia operasi zebra 2024 di Klaten.

BACA JUGA:Dilarang Langgar Poin Ini! Awas, Ini Titik Lokasi Razia Operasi Zebra 2024 di Sukoharjo

Operasi ini digelar oleh Korlantas Polri dengan tujuan utama meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.  Pelaksanaan operasi tersebut diharapkan bisa mendapat dukungan penuh dari seluruh masyarakat, terutama para pengguna jalan yang harus senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas. 

Menurut Kasatlantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok, Operasi Zebra Candi 2024 ini juga mengusung tema penting, yaitu “Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih Serta Mengajak Masyarakat Untuk Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas Yang Aman dan Nyaman.” 

BACA JUGA:Berlangsung Selama 14 Hari, Area Ini Jadi Titik Lokasi Operasi Zebra Candi 2024 di Kota Pati

Tema ini menekankan pada pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan di jalan raya dalam rangka mendukung stabilitas nasional, khususnya dalam konteks pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang baru terpilih.

AKP. Riki juga menjelaskan bahwa Operasi Zebra Candi 2024 melibatkan berbagai pendekatan, termasuk upaya preemtif, preventif, dan represif. 
"Kami melakukan operasi kepolisian dengan berbagai cara, mulai dari pendekatan preemtif dan preventif yang berupa himbauan serta edukasi kepada masyarakat agar selalu tertib berlalu lintas, hingga tindakan represif melalui penegakan hukum," ucap Riki kepada media pada Senin (14/10/2024).

BACA JUGA:Ada 7 Prioritas Pelanggaran, Ini Titik Lokasi Razia Operasi Zebra Candi 2024 di Demak

Untuk memudahkan pemahaman, preemtif adalah langkah yang dilakukan pada tahap awal dalam proses pengambilan keputusan dan perencanaan. 
Langkah ini lebih kepada pencegahan dini dengan cara memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat. 

Sedangkan preventif adalah upaya yang dilakukan saat pelaksanaan, yaitu melalui penataan dan pengawasan langsung di lapangan untuk mencegah terjadinya pelanggaran. 
Kedua upaya ini saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam rangka mewujudkan ketertiban lalu lintas.

BACA JUGA:Persiapkan Kelengkapan! Ini Loh 15 Titik Lokasi Razia Operasi Zebra 2024 di Blora, jangan Sampai Terjaring

Riki juga menekankan bahwa salah satu sasaran utama dalam Operasi Zebra 2024 adalah menurunkan angka kecelakaan di jalan raya. 
"Penurunan angka kecelakaan dan tingkat fatalitasnya terbukti terjadi setiap tahun, dan kami berharap hasil yang sama bisa dicapai dalam operasi kali ini," tambahnya.

Penggunaan Tilang Elektronik dan CCTV

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada Operasi Zebra 2024 ini Polres Klaten tidak akan mengadakan razia gabungan di jalan raya. 
Sebaliknya, Polres akan lebih mengandalkan sistem tilang elektronik (ETLE) dan penindakan langsung oleh petugas di lapangan. 

Hal ini merupakan bagian dari transformasi dalam penegakan hukum yang memanfaatkan teknologi untuk memastikan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas.
Dengan demikian, masyarakat Klaten, terutama para pengendara, diimbau untuk selalu tertib dan memperhatikan kelengkapan berkendara. 

Kategori :