Jumlah Soal serta Passing Grade TIU, TWK, dan TKP SKD CPNS 2024

Minggu 20-10-2024,21:42 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Jumlah soal serta passing grade TIU, TWK, dan TKP SKD cpns 2024.

Sejumlah pelamar yang mengikuti tes Seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 mulai berlangsung.

Sesuai dengan Surat Plt. Kepala BKN Nomor:5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tentang Jadwal Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) TA 2024. Bahwa pelaksanaan SKD CPNS berlangsung kurang lebih satu bulan lamanya, dari tanggal 16 Oktober 2024 sampai dengan 14 November 2024.

BACA JUGA:Viral! Tubuh Peserta CPNS Ini Mendadak Kaku Pelaksanaan Tes, Ini Penyebabnya Menurut Pakar psikosomatik

Berdasarkan Siaran Pers Nomor:010/RILIS/BKN/X/2024 terhitung 3.035.723 pelamar akan berkompetisi ke tahap seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Untuk mengakomodir pelaksanaan SKD CPNS kali ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyiapkan ribuan titik lokasi mulai dari wilayah Nusantara hingga Mancanegara. Di antaranya 36 titik lokasi kantor BKN meliputi Kantor BKN Pusat, Kantor Regional dari Aceh hingga Papua, dan UPT BKN se-Indonesia; 75 titik lokasi Mandiri BKN; 135 titik lokasi mandiri instansi; dan 93 titik lokasi Luar Negeri.

Mekanisme pelaksanaan SKD sendiri menggunakan standar berbasis Computer Assisted Test (CAT). Selain itu pelaksanaan ujian dengan CAT BKN sendiri berorientasi pada sistem digital sehingga pelamar dapat mengetahui memenuhi ambang batas atau tidak, sesaat setelah selesai mengerjakan seluruh soal SKD.

BACA JUGA:Jadwal Pembagian Sesi Tes SKD CPNS 2024, Dimulai dari Pagi hingga Sore

Jumlah Soal SKD CPNS 2024

SKD CAT CPNS 2024 terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Total durasi pelaksanaannya ditetapkan selama 100 menit.

Sementara itu, khusus pelamar penyandang disabilitas sensorik netra yang mendaftar pada formasi kebutuhan khusus penyandang disabilitas diberikan kesempatan mengerjakan dalam durasi waktu 130 menit.

Jumlah soal keseluruhan SKD adalah 110 butir soal. Angka tersebut terdiri dari 30 butir soal TWK, 35 butir soal TIU, dan 45 butir soal TKP.

Pembobotan nilai untuk materi soal TIU dan TWK adalah bernilai 5 bila jawaban benar, sedangkan untuk jawaban salah atau tidak menjawab bernilai 0. Kemudian, bobot nilai jawaban benar untuk materi soal TKP adalah paling rendah 1 dan paling tinggi 5, sedangkan untuk tidak menjawab bernilai 0.

BACA JUGA:Cara Melihat Skor Hasil Tes SKD CPNS 2024, Pantau Skor Seleksimu di Link Ini

TWK dilaksanakan untuk menilai pemahaman pengetahuan dan kemampuan peserta dalam mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa Indonesia.

Sementara TIU untuk menilai kemampuan verbal (analogi, silogisme, dan analitis), kemampuan numerik (berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita), serta kemampuan figural (analogi, ketidaksamaan, dan serial).

Kategori :