Daftar 5 Presiden dengan Istri Terbanyak, Nomor 4 dari Indonesia

Senin 21-10-2024,10:14 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Raja Mongkut Rama IV merupakan seorang pemimpin asal Thailand. Di negara ini hukum poligami adalah legal, dengan menamai hukum tersebut yaitu Kodmai Laksana Pua Mia.

Hukum ini membagi istri menjadi tiga kategori yaitu istri pertama (mia luang), istri kedua (mia noi), dan istri budak (thasa phalay). Hal ini membuat raja-raja di Thailand memiliki banyak istri dan selir.

Raja Mongkut Rama IV, yang memimpin Thailand sejak 1851 hingga 1868, memiliki 32 istri.
Para istri pada masa kepemimpinan Raja Mongkut Rama IV ini tidak hanya berperan untuk kebutuhan biologis, tetapi juga untuk kepentingan politik dengan menjadi perpanjang tangan dalam mengintegrasikan berbagai permukiman kerajaan.

Selain itu, para istri juga berperan dalam urusan sosial kemasyarakatan di Thailand. Dari 32 istri tersebut, Raja Mongkut Rama IV memiliki 82 orang anak.

BACA JUGA:Daftar Fasilitas dan Tunjangan yang Didapat Jokowi Pasca Purna Tugas, Apa Saja?

3. Raja Abdulaziz bin Abdurrahman Al Saud

Raja Abdulaziz bin Abdurrahman Al Saud adalah pendiri dan raja pertama Kerajaan Arab Saudi. Pria yang juga dikenal dengan panggilan Ibn Saud ini lahir pada 1876 dan berkuasa hingga akhir hayatnya.

Ia meninggal pada tahun 1953. Diketahui, Raja Abdulaziz memiliki sejumlah istri, yaitu 22 istri.

Tentu saja ia tidak menikahi seluruh istrinya ini secara serentak. Hal ini karena ajaran Islam mengatur seorang lelaki dapat melakukan poligami dengan paling banyak menikahi empat istri dalam satu waktu.

Dari seluruh pernikahannya itu, Raja Abdulaziz memiliki keturunan yang berjumlah hampir seratus anak, dengan 45 di antaranya merupakan laki-laki. Dari keturunannya yang kemudian menikah dan memiliki anak keturunan, kini cucu Raja Abdulaziz dilaporkan lebih dari seribu orang.

BACA JUGA:Intip Live Score Hasil Tes SKD CPNS 2024, Berikut 13 Tautan yang Bisa Diakses

4. Soekarno

Bapak proklamator sekaligus sosok presiden pertama Republik Indonesia ini memiliki banyak istri.

Beberapa catatan sejarah mencatat Soekarno pernah menikah dengan 9 perempuan selama hidupnya, yaitu Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manoppo, Ratna Sari Dewi, Haryati, Yurike Sanger, dan Heldy Djafar.

Meskipun demikian, Soekarno merupakan tokoh yang sangat berjasa dalam kemerdekaan Indonesia. Presiden yang menjabat selama periode 1945-1966 ini juga merupakan tokoh yang mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

BACA JUGA:Intip Live Score Hasil Tes SKD CPNS 2024, Berikut 13 Tautan yang Bisa Diakses

Kategori :