Sosok ‘Naga’ Fotografer Formasi Jet Tempur Pengawal Joko Widodo Pulang ke Solo

Selasa 22-10-2024,19:02 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Terungkap! Ini sosok ‘naga’ fotografer formasi jet tempur pengawal Joko Widodo pulang ke Solo.
Usai purnatugas sebagai presiden pada 20 Oktober 2024, Jokowi pulang ke Solo ke kampung halamannya. Penerbangan Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) ke Solo, Jawa Tengah dikawal oleh delapan pesawat jet tempur. 

BACA JUGA:Syarat dan Cara Gadai BPKB Motor dan Mobil Melalui Produk Kreasi Terbaru 2024 di Pegadaian

Dan menariknya, momen saat jet ini membentuk formasi diabadikan oleh sang 'naga'.
Diketahui, dalam rangkaian acara penghormatan kepada Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma itu, sejumlah pesawat tempur TNI AU juga menampilkan flypast.

Pesawat-pesawat jet tempur dari beberapa skuadron TNI Angkatan Udara itu mengawal pesawat Boeing 737-800 Next Gen dengan nomor ekor A7309, yang mengangkut Jokowi beserta istrinya, Iriana Joko Widodo.

BACA JUGA: Begini Cara Gadai BPKB Motor dan Mobil Melalui Produk Rahn, Anti Riba dan Proses Cepat

Dilansir dari detik.com, disampaikan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Ardi Syahri, dalam pengawalan kepulanagan Joko Widodo dan istri menuju Solo ini ada tiga pesawat T50, empat pesawat tempur F16, dan satu Sukhoi

"Pengawalan kehormatan Presiden ke-7 RI Pak Joko Widodo kembali ke Solo dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma dikawal tiga pesawat T50, empat pesawat tempur F16, dan satu Sukhoi," kata Ardi Syahri saat dihubungi di Jakarta.

BACA JUGA:Gagah, Ini Daftar Nama Jet Tempur Indonesia, Simak Keunggulannya

Adapun, dari empat pesawat tempur F16 yang mengawal penerbangan Jokowi dari Jakarta ke Surakarta itu berasal dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin. Satu jet tempur F16 juga mengabadikan peristiwa pesawat Boeing yang mengangkut Jokowi dikawal pesawat-pesawat tempur TNI AU.

Sementara itu, tiga jet tempur latih T50i Golden Eagle dikerahkan oleh TNI AU dari Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Jawa Timur. Kemudian, satu pesawat tempur Sukhoi yang mengawal Presiden ke-7 RI itu berasal dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin.

BACA JUGA:Mengenal 9 Kota Paling Kecil di Indonesia, Segini Luas Wilayahnya

Bentuk Formasi V Difoto Sang Naga

Yang menarik dari pengawalan ini, terlihat formasi V di foto saat pengawalan Joko Widodo menuju pulang ke Solo. Semua terbang dalam 'V Formation' dalam perjalanan Jakarta-Solo itu. 
Foto pengawalan VVIP itu diambil dari sisi kanan-kiri hingga dari atas dari rangkaian pengawalan pesawat yang ditumpangi Jokowi itu. Deretan foto itu diunggah di akun X (Twitter) TNI AU, @_TNIAU.

Hal ini juga membuat warganet penasaran mengenai bagaimana cara foto momen pengawalan itu diambil.
Bahkan sebagian warganet menduga-duga foto diambil dari pesawat atau drone hingga ada yang bercanda foto dijepret Superman.

BACA JUGA:Duh! Ini 10 Kota Paling Berbahaya di Dunia 2024, Berani Liburan ke Sini?

Kategori :