NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bukan dikerok, begini cara mengatasi mesin diesel yang masuk angin.
Sama halnya dengan manusia, mesin mobil diesel juga bisa mengalami masuk angin. Namun, untuk cara mengatasinya tentunya berbeda!
Istilah mobil mesin diesel masuk angin ini merujuk pada kondisi terdapat angin yang masuk ke saluran atau tangki bahan bakar mobil dan terperangkap di dalamnya. Keberadaan udara di ruang bakar membuat mobil jadi susah dihidupkan atau tidak bisa distarter.
Jika manusia umumnya kala masuk angin akan sembuh jika di kerok atau mengkonsumsi minuman herbal masuk angin. Namun, hal ini tentunya tidak akan berlaku untuk mesin mobil diesel.
BACA JUGA:Tak Hanya Pengalaman Kerja, Ini Alasan Kenapa Sarjana Baru Lulus Kuliah Tidak Bisa Daftar PPPK
Lantas, bagaimana cara mengatasi mesin diesel yang masuk angin? Dilansir dari laman GridOto, berikut adalah cara mengatasi mesin diesel yang masuk angin:
1. Mesin Diesel Konvensional
Pada mesin diesel konvensional, proses bleeding dilakukan dengan memompa primming pump untuk mengeluarkan udara dari sistem.
Langkah pertama cari baut bleeder, kemudian kendurkan hingga solar keluar, jika tidak ada kendurkan salah satu injektor.
Selanjutnya cari letak primming pump, biasanya ada di atas saringan bahan bakar, tapi ada juga yang di dekat pompa bahan bakar mekanis.
Lalu pompa hingga ada aliran solar keluar dari baut bleeder, biasanya akan disertai busa.Pompa terus hingga gelembung atau busa menghilang, setelah selesai kencangkan baut bleeder atau injektor.
Kemudian pompa kembali primming pump hingga terasa berat, dan jika sudah terasa keras langsung hidupkan mesin.
Jika belum berhasil, lakukan lagi hingga udara benar-benar keluar dari sistem bahan bakar.
BACA JUGA:10 Rekomendasi Wisata Seru di Wonogiri, Harga Tiket Masuk Ramah Dikantong
2. Mesin Diesel Commonrail
Proses bleeding pada mesin commonrail lebih mudah dibanding mesin diesel konvensional.Pastikan lebih dahulu seluruh saluran solar telah tersambung dengan kencang, dan lakukan bleeding otomatis menggunakan kunci kontak.
Memang pada mesin diesel commonrail proses bleeding hanya dilakukan lewat kunci kontak. Padahal komponen yang melakukan bleeding adalah electric fuel pump yang terletak di tangki BBM.