Biasakan! Mendoakan Baik Orang Lain Pahalanya Dahsyat, Ini Penjelasannya

Minggu 28-05-2023,14:43 WIB
Reporter : Tim liputan

 

Meskipun berupa ucapan salam yang biasa kita ucapkan sehari-hari, ucapan untuk orang lain ini adalah untaian doa. Kita mengharapkan keselamatan, rahmat dan berkah dilimpahkan kepada saudara dan teman kita ini.

Doa yang kita ucapkan untuk orang lain ini bukan hanya akan dirasakan manfaatnya oleh mereka, sekiranya Allah menghendaki. Kita juga bisa mendapatkan pahala dari doa yang dipanjatkan untuk mereka.

 

Alkisah, diriwayatkan sebuah hadist dari putri Nabi Muhammad yakni Siti Fathimah. Beliau adalah orang yang taat beribadah dan tidak pernah meninggalkan sholat malam.

Suatu ketika, saat Fathimah sedang berdoa dalam sholat malamnya, putranya Hasan bin Ali terbangun. Hasan mendengar ibundanya sedang melantunkan doa-doa.

Keesokan paginya, Hasan bertanya pada Ibundanya.

 

Mengapa diantara doa-doa panjang ibunya semalam tidak ada doa yang ditujukan untuk dirinya sendiri?

 

Fathimah menjawab dengan sangat halus bahwasanya beliau hendak mendoakan saudara dan tetangganya terlebih dahulu.

Karena dengan demikian itu, para malaikat akan mendoakan Anda. Sejatinya, doa para malaikat akan lebih didengar dari pada doa manusia. Itulah salah satu alasan pentingnya kita mendoakan orang lain.

 

5. Doa untuk Seluruh Umat Muslim di Dunia

 

Doa untuk orang lain yang terakhir adalah ditujukan kepada seluruh umat muslim di dunia ini, baik yang kita kenal ataupun tidak.

Kategori :