Dari Toraja Tembus Dunia, UMKM Kopi Ini Berhasil Ekspor dan Jadi Pemasok Coffee Shop di 5 Negara Berkat BRI

Senin 30-06-2025,08:57 WIB
Reporter : Septi Widiyarti
Editor : Purnama Sakti

TORAJA, RBTVDISWAY.ID – Berangkat dari semangat kembali ke akar budaya dan menggali potensi daerah, ToRi Coffee berhasil membuktikan bahwa produk Indonesia mampu bersaing di pasar global.

Berkat pendampingan berkelanjutan dari BRI, pengusaha UMKM asal Toraja, Sulawesi Selatan ini
sukses mengembangkan ekosistem bisnis kopi dari hulu ke hilir sekaligus memperkenalkan
identitas budaya Toraja ke panggung internasional.

BACA JUGA:4 Resep Kue Khas Jambi, Kue Muso, Padamaran hingga Kue Buah Rengas


UMKM Kopi Ini Berhasil Ekspor dan Jadi Pemasok Coffee Shop di 5 Negara Berkat BRI --

Didirikan oleh Citra Wulandari dan Fredy Pairunan pada 2 Februari 2020, ToRi Coffee lahir dari
keputusan besar, di mana pasangan suami istri ini meninggalkan pekerjaan mereka di kota dan
kembali ke kampung halaman guna membangun ToRi Coffee sebagai upaya melestarikan cita
rasa dan kekayaan budaya khas Toraja.

“Toraja dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia, hingga akhirnya kami
memutuskan untuk mengangkat karakter etnik Toraja di coffee shop kami, termasuk dalam
filosofi brand hingga desain produk,” ujar Citra.

BACA JUGA:10 SMA Negeri Terbaik di Banjarmasin Berdasarkan Data Kemendikbud 2023

Lebih dari sekadar menyajikan cita rasa kopi khas Toraja, ToRi Coffee juga membawa misi
sosial yang lebih dalam.

Keunikan ToRi Coffee tidak hanya terletak pada kualitas produknya, tetapi juga pada komitmen dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) lokal.

Usaha yang dirintis oleh Citra Wulandari bersama sang suami kini telah mempekerjakan 21 karyawan, termasuk mahasiswa yang bekerja paruh waktu untuk mendapatkan pengalaman sekaligus penghasilan tambahan.

BACA JUGA:Terapis Pijat & SPA Ngaku Dikeroyok Enam Wanita, Salah Satunya Pacar Calon Pelanggan Korban

Tak hanya menciptakan lapangan kerja dan ruang pengembangan diri, Citra juga aktif mendampingi para petani kopi serta memberikan edukasi bagi anak-anak mereka sebagai bagian dari upaya regenerasi agar kopi Toraja tetap hidup lintas generasi.

Dengan tumbuh bersama masyarakat, bisnis ToRi Coffee pun perlahan berkembang. Saat ini, ToRi Coffee mampu memasarkan sekitar 275 kilogram roasted bean dan kopi bubuk setiap bulan.

Produk tersebut pun disalurkan ke berbagai toko oleh-oleh di kawasan pariwisata Toraja, didistribusikan ke sejumlah provinsi di Indonesia, bahkan dijual langsung kepada konsumen di luar negeri.

BACA JUGA:Dugaan Korupsi di Kantor Pos Bengkulu Capai Miliaran Rupiah

Kategori :