Iklan dempo dalam berita

Wali Allah Berkaromah Tinggi yang Hidup Zaman Sekarang, Berikut 9 Ciri-cirinya

Wali Allah Berkaromah Tinggi yang Hidup Zaman Sekarang, Berikut 9 Ciri-cirinya

Buya Yahya--

9. Bertafakur Tentang Kebinasaan

 

Gemar bertafakur adalah salah satu sifat yang dimiliki oleh para kekasih Allah. Bertafakur adalah merenungi atas kekuasaan dan keagungan Allah.

Dengan bertafakur, seseorang akan mendapatkan nilai manfaat yang jauh lebih besar. Selain itu, bertafakur juga dapat meningkatkan kualitas keimanan seseorang.

Salah satu ciri kekasih Allah adalah mencari pelajaran dari setiap kehendak dan ketetapan-Nya, termasuk peristiwa yang terjadi di lingkungannya.

Artinya, seorang wali Allah akan selalu memetik pelajaran dari setiap peristiwa yang terjadi. Mereka akan selalu menggali hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi, baik pada dirinya sendiri maupun dari lingkungannya.

 

BACA JUGA:Bagian Tubuh Kita yang Pertama Kali Bersaksi Kepada Allah SWT Saat Hari Hisab Ternyata Ini

Tidak Bisa Hanya Dinilai dari Jubah dan Jamaah

 

Wali adalah orang pilihan yang menjadi kekasih Allah SWT. Maka karena ia adalah kekasih Allah SWT, wali yang akalnya sehat akan sesuai dengan syariat.

Ciri wali Allah yang pertama adalah menegakkan syariat. Tidak ada wali Allah yang melanggar syariat ketentuan Agama. “Tidak ada waliyullah yang melanggar syariat, nggak ada wali mabuk," kata Buya Yahya.

Seseorang memang tidak bisa melihat apakah seseorang itu wali atau bukan. Buya Yahya menerangkan ciri wali lainnya, yakni mudah memaafkan urusan dirinya, namun tidak dengan urusan agama.

“Contohnya dia diambil uangnya tidak marah, memaafkan, dia tidak punya dendam pada siapapun," kata Buya.

Yang menjadikan dirinya wali adalah salamatus sudur, atau hatinya yang bersih. “Mungkin dia tukang sapu di Masjid, atau satpam di majlis ilmu, dia bisa waliyullah. Kenapa? setiap saat dia berzikir, hatinya bersih, tidak dzolim dengan sesama manusia," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: