Iklan dempo dalam berita

Mengenal BBM Terbaru Bioetanol, Apa Bedanya dengan Pertamax dan Pertalite, Ini Penjelasannya

Mengenal BBM Terbaru Bioetanol, Apa Bedanya dengan Pertamax dan Pertalite, Ini Penjelasannya

Mengenal BBM Terbaru Bioetanol, Apa Bedanya dengan Pertamax dan Pertalite, Ini Penjelasannya--

 

Dilansir dari pertamina.com, Pertamax adalah bahan bakar bensin dengan angka oktan paling sedikit 92 berstandar internasional. Salah satu jenis BBM tersebut sangat direkomendasikan untuk kendaraan dengan kompresi rasio 10:1 sampai 11:1 atau kendaraan yang memakai teknologi setara Electronic Fuel Injection (EFI).

 

BACA JUGA:Pengumuman! Harga BBM Turun, Mulai Berlaku 1 Juni, Berikut Daftar Harga BBM Terbaru

 

Pertamax dibekali dengan teknologi ecosave sehingga mampu membersihkan bagian dalam mesin (detergency). Pertamax Pertamina dengan angka oktan 95 juga dilengkapi dengan kandungan pelindung anti karat untuk dinding tangki kendaraan, ruang bakar mesin (corrosion inhibitor), dan saluran bahan bakar, serta menjaga kemurnian dari campuran air supaya pembakaran berjalan lebih sempurna (demulsifier).

 

Sementara itu, penggunaan BBM Bioetanol sendiri sudah dicanangkan sejak 2015 lalu. Pemerintahan Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerbitkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 12 Tahun 2015. Di dalamnya tertera aturan terkait penggunaan Bioetanol E5 pada 2020.

 

BACA JUGA:Siap Diberlakukan, Aturan Pembatasan Pembelian BBM Subsidi Sudah Ada

 

Bioetanol E5 yang dimaksud ialah formulasi 95 persen bensin dan 5 persen etanol. Kemudian meningkat menjadi E20 (80 persen bensin dan 20 persen etanol) pada 2025. Namun menurut Gavin dkk. (2022) dari Fakultas Teknik (FK) Universitas Indonesia (UI), perjalanan wacana yang dikemukakan mengalami kendala, antara lain biaya produksi sangat tinggi sehingga dianggap kurang kompetitif sebagai bahan bakar alternatif.

 

Yos Nofendri dari Program Studi Teknik Mesin Universitas 17 Agustus 1945 pernah melakukan penelitian terkait sifat dan karakteristik Pertamax 95 persen dengan etanol sebanyak 5 persen pada 2018 (serupa dengan formulasi BBM Bioetanol Pertamina), hasilnya sebagai berikut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: