Iklan dempo dalam berita

Begini Cara Mengatasi Semak Belukar pada Kelapa Sawit

Begini Cara Mengatasi Semak Belukar pada Kelapa Sawit

Cara mengatasi semak belukar pada tanaman sawit--

 

Pengelolaan gulma di area piringan berbeda dengan di area gawangan, pengelolaan di area yang tepat sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman kelapa sawit kedepannya. 

 

Pengelolaan gulma yang baik dilakukan sesuai dengan kebutuhan area, pada lahan kelapa sawit di setiap bagian/area dilakukan dengan cara yang berbeda.

 

BACA JUGA:Waduh Ngeri! Bumi Bocor, 1.972 Danau dan Waduk Terbesar di Dunia Mengering

Pengendalian gulma di area piringan harus selalu dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya persaingan unsur hara dan cahaya.  

 

Gulma yang sering mengganggu di area piringan adalah gulma yang pertumbuhannya merambat, contohnya sembung rambat atau Mikania micrantha, bahkan legume cover crops dapat dikategorikan sebagai gulma bila tumbuh di area piringan. 

 

Area piringan Tanaman menghasilkan juga disarankan supaya benar-benar bersih karena guma di piringan dapat mengganggu saat pemanenan. 

 

Pengendalian gulma di area piringan dapat dilakukan dengan interval setiap 4-8 minggu atau sesuai dengan kondisi di lapangan.

 

Pengendalian gulma di area piringan disarankan dengan menggunakan cara manual atau mekanik, karena bila dilakukan dengan kimia/herbisida dikhawatirkan akan mempengaruhi pertumbuhan kelapa sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: