Iklan dempo dalam berita

Runtuhnya Kerajaan Singasari, Cikal Bakal Berdirinya Kerajaan Majapahit

Runtuhnya Kerajaan Singasari, Cikal Bakal Berdirinya Kerajaan Majapahit

Sejarah berdirinya kerajaan majapahit--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sejarah runtuhnya Kerajaan Singasari terjadi menjelang berakhirnya abad ke-13 Masehi, tepatnya tahun 1292. 

 

Penyebab utama keruntuhan kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Jawa Timur pendahulu Majapahit ini adalah adanya pemberontakan Jayakatwang yang menewaskan Raja Kertanegara. 

 

Kertanagara merupakan raja yang membawa Singasari ke masa kejayaan sekaligus penguasa terakhir Kerajaan Singasari yang berpusat di sekitar Malang. 

 

BACA JUGA:Bocah 10 Tahun Dilaporkan Hanyut Terseret Arus Pantai

Menurut Kitab Pararaton, Kertanegara bertakhta sejak tahun 1254 Masehi, sedangkan Negarakertagama menyebut tahun penobatan sang raja adalah pada 1272 Masehi. 

 

Nama sebenarnya dari Kerajaan Singasari adalah Tumapel yang beribukota di Kutaraja. Asal-usul penamaan Singasari bermula Kertanegara ditunjuk sebagai putra mahkota oleh ayahnya, Raja Wisnudwardhana, sekaligus mengganti nama pusat kerajaan menjadi Singasari.

 

BACA JUGA:Masih Digunakan Sampai Sekarang, Mengenal 7 Ajian Sakti Jawa Kuno yang Masih Dicari Orang

Dikutip dari Neo Patriotisme: Etika Kekuasaan dalam Kebudayaan Jawa (2008) karya H.M. Nasruddin Anshoriy, Ch., lokasi kerajaan yang didirikan oleh Ken Arok atau Sri Rajasa pada 1222 Masehi ini diperkirakan berada di daerah yang sekarang menjadi wilayah Kecamatan Singasari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: