Iklan dempo dalam berita

Candi Prambanan dan Legenda Roro Jonggrang

Candi Prambanan dan Legenda Roro Jonggrang

Candi prambanan dan kisah roro jonggrang--

Realitas abadi  yang tidak dapat digambarkan, yang sering disamakan dengan konsep Tuhan dalam agama Hindu. Pendapat lain adalah bahwa para Brahmana dapat merujuk pada zaman keemasan kuil ini adalah para Brahmana.

 

Pendapat lain menyebutkan bahwa nama “Prambanan” berasal dari akar kata bahasa Jawa mban yang berarti memikul atau melaksanakan suatu tugas, merujuk pada dewa-dewa Hindu yang bertugas mengatur dan mencapai keberhasilan keselarasan di alam semesta. 

 

Nama lain Prambanan yang bisa berarti 5 (lima) gunung  dalam bahasa Khmer/Kamboja 5 (lima) adalah Pram dan banam adalah gunung (ប្រាំ ភ្នំ). Ini menggambarkan 5 puncak  Himalaya di India. 

 

Ingat baik dalam kronik Khmer bahwa orang Jawa telah menjajah Khmer selama 200 tahun dan bahwa Jayawarman kedua berada di Jawa sebagai pahlawan yang membebaskan Khmer dari kekuasaan Jawa.

 

Sejarah Candi Prambanan Terbentuk

Prambanan adalah candi Hindu terbesar dan termegah yang pernah dibangun di zaman Jawa kuno, pembangunan candi Hindu kerajaan ini dimulai oleh Sri Maharaja Rakai Pikatan, saingan candi Budha Borobudur dan juga candi Sewu yang terletak tidak jauh dari Prambanan.

 

BACA JUGA:Golongan Darah Ini Paling Langka Hanya 43 Orang di Dunia, Ini Urutannya

Beberapa sejarawan telah lama menduga bahwa pembangunan candi besar Hindu ini untuk menandai kembalinya keluarga Sanjaya berkuasa di Jawa, yang terkait dengan teori kepercayaan kembar wangsa. yaitu Dinasti Sanjaya yang beragama Hindu dan Dinasti Syailendra yang beragama Budha.

 

Dengan dibangunnya candi ini, tentunya menjadi pertanda bahwa agama Hindu Syiwa kembali mendapat dukungan  kerajaan, setelah dinasti Syailendra sebelumnya  cenderung menganut agama Buddha  Mahayana. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: