Iklan dempo dalam berita

Begini Ciri Manusia Kelompok Pertama yang Masuk Surga

Begini Ciri Manusia Kelompok Pertama yang Masuk Surga

Ciri golongan pertama dari manusia yang akan menjadi penghuni surga--

 

BACA JUGA:Benarkah Bumi Indonesia Menyimpan Emas Soekarno yang Masih Terkubur?

Orang yang termasuk golongan ini adalah orang-orang yang memuji Allah SWT, baik sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

 

"Orang yang pertama kali dipanggil ke surga di hari kiamat adalah hammadun, yaitu orang-orang yang memuji Allah baik secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan." (HR Ath Thabrani, Al Bazar, Al Hakim, Abu Nu'aim, Al Baihaqi)

 

Sementara itu, menurut riwayat lain, ada tiga orang dari umat Nabi Muhammad SAW yang akan masuk surga untuk pertama kali. Mereka adalah orang yang mati syahid, hamba sahaya, dan orang fakir.

 

BACA JUGA:Lima Wilayah di Jawa, Sumatera dan Sulawesi yang Diyakini Menyimpan Harta Qarun

Dari Abu Hurairah RA yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

 

"Aku disodorkan tiga orang umatku yang pertama kali masuk surga dan tiga orang yang pertama kali masuk nerak. Tiga orang pertama masuk surga adalah orang yang mati syahdi, hamba sahaya yang tak menghamba pada dunia demi ketaatan kepada Allah SWT, dan orang fakir yang enggan meminta-minta kepada orang lain. Tiga orang pertama masuk neraka adalah penguasa zalim, orang kaya yang tak melaksanakan hak Allah pada hartanya, dan orang miskin yang sombong." (HR Ahmad, Al Hakim, Al Baihaqi)

 

BACA JUGA:Kisah Qarun yang Kaya Raya, Kunci Peti Hartanya Diangkut 40 Pria Gagah

Ibnul Qayyim al-Jauziyyah mengatakan bahwa hadits tentang siapa orang yang pertama kali masuk surga tersebut dinilai lemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: