Iklan dempo dalam berita

4 Larangan Kurban Ini yang Wajib Diketahui, Nomor 3 Mengupah Penyembelih

4 Larangan Kurban Ini yang Wajib Diketahui, Nomor 3 Mengupah Penyembelih

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Umat Islam di seluruh dunia tengah menantikan Hari Raya Idul Adha 2023. Setiap tahunnya, Hari Raya Idul Adha akan diselenggarakan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Tahun 2023 ini, pemerintah telah menetapkan 10 Dzulhijjah jatuh hari Kamis, 29 Juni 2023. Sementara Muhammadiyah tanggal 28 Juni 2023. 

Idul Adha tak hanya identik dengan sholat, tapi juga penyembelihan hewan kurban. kurban sendiri adalah salah satu ibadah yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS sebagai tanda untuk terus menyembah Allah SWT. Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga rutin melaksanakan kurban sembari menunaikan ibadah haji. Hewan ternak yang bisa dijadikan hewan kurban meliputi domba, kambing, unta dan sapi.

Kurban adalah ibadah sunnah. Bagi umat Islam yang akan menunaikannya, hendaknya memperhatikan sejumlah larangan dalam berkurban sebagaimana terdapat dalam hadits nabi.

BACA JUGA:Ini Cara Membagi Harta Warisan yang Benar Menurut Islam, Simak Baik-baik!

Wahbah az-Zuhaili dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu Juz 4 menjelaskan mengenai waktu yang baik untuk menyembelih hewan kurban. Menurut pendapat mazhab Syafi', waktu penyembelihan kurban yang utama adalah ketika matahari beranjak naik hingga seukuran tombak atau waktu dimulainya salat Dhuha.

Mazhab ini berpandangan, apabila penyembelihan kurban dilakukan sebelum salat dan khutbah Idul Adha maka hukumnya tidak sah.

Hal tersebut berdasarkan hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dari al-Barra' bin Azib seperti telah disebutkan terdahulu di mana Rasulullah SAW bersabda:

 

أَوَّلُ مَا نَبْدَأُ بِهِ فِى يَوْمِنَا هَذَا نُصَلِّي ثُمَّ نَرْحِعَ فَتَنْحَرَ

 

Artinya: "Aktivitas pertama yang kami lakukan untuk memulai hari ini (ldul Adha) adalah melaksanakan salat lalu pulang ke rumah dan setelah itu langsung menyembelih kurban."

 

Selanjutnya, waktu penyembelihan kurban dapat dilakukan pada siang dan malam hingga berakhirnya hari Tasyriq yang menurut Imam Syafi'i hingga tanggal 13 Dzulhijjah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: