Iklan dempo dalam berita

Temui Bupati Seluma, KPK Beri Empat Catatan Khusus

Temui Bupati Seluma, KPK Beri Empat Catatan Khusus

evaliasi KPK terhadap kinerja Pemkab Seluma--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM – Selain Kabupaten Lebong, Kabupaten Seluma juga menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu yang nilai Survei Penilaian Integritas (SPI) di tahun 2022 lalu termasuk level sangat rawan. Selain itu juga semakin menurun dibandingkan dengan tahun 2021. 

 

Hal ini disampaikan Kepala Satuan Tugas Koordinasi Pencegahan (Kasatgas Korgah) KPK Wilayah 1, Maruli Tua Manurung. Dikatakan Maruli pada tahun 2021 lalu skor SPI Kabupaten Seluma 71,69 persen sedangkan tahun 2022 menjadi 63,55 persen. Ini artinya turun 8,14 persen.

BACA JUGA:SBY Mimpi Naik Kereta Api, Ternyata Ini 11 Arti Mimpi Kereta Api, Umumnya Tanda Baik

 

Sementara untuk Index Monitoring Center for Prevention (MCP), diakui memang Kabupaten Seluma mengalami kenaikan sekitar 10 point, dari 60 menjai 70, namun hal tersebut masih tergolong paling rendah diantara kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu.

 

"Kalau di angka 70 persen itu batasan sangat standar, minimal harus mencapai 75, untuk di Provinsi Bengkulu, Kabupaten Seluma berada terbawah kedua setelah Kabupaten Lebong," jelas Maruli.

BACA JUGA:Kamu Beruntung jika Memiliki Tanggal Lahir Berikut, Ramalannya Kamu Tidak akan Hidup Melarat

 

Karena rendahnya nilai ini, KPK memberikan tiga catatan khusus yang harus diperbaiki yakni pertama meningkatkan dan memperbanyak SDM di Inspektorat Kabupaten Seluma agar lebih maksimal dalam bertugas sebagai Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

 

Kedua yakni terkait penyalahgunaan anggaran dinas yang juga ditemukan oleh BPK RI juga harus didalami dan ditindak tegas. Bukan hanya mengembalikan kerugian negara tapi harus diberikan sanksi disiplin agar ada efek jera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: