Iklan dempo dalam berita

Ini 12 Daerah Terpanas di Indonesia, Suhunya Bukan Kaleng-kaleng, Ini Penyebab dan Tipsnya

Ini 12 Daerah Terpanas di Indonesia, Suhunya Bukan Kaleng-kaleng, Ini Penyebab dan Tipsnya

Cirebon salah satu daerah di Indonesia dengan suhu yang cukup panas--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Indonesia juga dikenal dengan suhu panas yang sangat tinggi, apalagi saat musim kemarau. Salah satu dasarnya karena termasuk negara tropis.

Suhu panas di Indonesia akan lebih tinggi dan matahari akan lebih terik yang membuat beberapa daerah terasa sangat panas. Seperti di beberapa daerah.

Hal ini sudah lumrah dan sering terjadi di Indonesia. Tingginya suhu panas di Indonesia menyebabkan beberapa daerah harus menyandang sebagai kota terpanas di tahun 2023 ini.

BACA JUGA:Menggigil, Ini 7 Daerah Terdingin di Sumatera, Letaknya Dekat Bengkulu, Cocok Buat Liburan

 

Penyebab Suhu Panas

 

Mengutip lama BMKG, kenaikan suhu maksimum yang terjadi di wilayah Indonesia, khususnya Indonesia bagian Barat dan Tengah terjadi karena beberapa faktor. 

Salah satunya, pengaruh dari posisi semu matahari yang membuat tingkat pertumbuhan awan hujan menjadi berkurang.

Gelombang panas juga bisa terjadi dalam cakupan yang luas dan hal ini diakibatkan pula karena sirkulasi cuaca tertentu sehingga menimbulkan penumpukan massa udara panas. Inilah yang menyebabkan udara menjadi lebih sumuk atau gerah.

Tidak hanya itu, hal ini bisa terjadi karena adanya penurunan kualitas lingkungan dan kepadatan kota, baik itu dari penduduk, aktivitas industrinya atau mungkin fenomena alam seperti gunung meletus juga dapat mengakibatkan suhu kota menjadi lebih panas. 

BACA JUGA:Tidak Mudah Menaklukan Perempuan dengan Shio Berikut, Mereka Sosok yang Mandiri

 

Ini 12 Daerah Terpanas di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: