Iklan dempo dalam berita

Nama Dicatut Parpol, Puluhan Warga Dimintai Klarifikasi

Nama Dicatut Parpol, Puluhan Warga Dimintai Klarifikasi

RbtvCamkoha - Puluhan warga yang namanya dicatut parpol datang ke Sekretariat KPU Seluma untuk dimintai klarifikasi, Kamis pagi (22/9).

Komisioner KPU Kabupaten Seluma Divisi Teknis Henri Arianda mengatakan, langkah ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) KPU RI No. 670 tentang tanggapan masyarakat untuk memberi ruang klarifikasi terhadap sejumlah masyarakat dan parpol yang bersangkutan terkait status keanggotaan masyarakat tersebut.

Satu persatu warga yang datang diminta klarifikasi dengan menunjukkan identitas, mengisi blangko formulir tanggapan masyarakat dan surat pernyataan tidak merupakan anggota Parpol.

Untuk seluruh data warga yang dicatut parpol akan diupload ke sistem aplikasi Help Desk KPU RI, untuk kemudian diturunkan ke parpol calon peserta Pemilu 2024 yang bersangkutan untuk ditindaklanjuti.

\"Iya mereka kita klarifikasi kebenaran status keanggotaan Parpol atau bukan, dan mereka membuat surat pernyataan tidak terlibat parpol yang bersangkutan untuk kemudian kita upload ke sistem Help Desk KPU RI untuk ditindaklanjuti oleh parpol yang bersangkutan,\" terang Henri Arianda.

Sementara itu, tidak sedikit warga yang keberatan atas pencatutan namanya. Bahkan diantaranya ada nama para mantan penyelenggara pemilu seperti petugas Panwascam dan PPK ikut dicatut oleh sejumlah Parpol calon peserta Pemilu.

\"Saya tidak terima nama saya dicatut sembarangan, saya bisa menuntut partai Prima karena saya merasa tidak nyaman apalagi saya berminat kembali menjadi penyelenggara pemilu lagi,\" ujar Elies Januarti.

SAKSIKAN SELENGKAPNYA DI LAPORAN DAERAH RBTV

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: