Iklan RBTV Dalam Berita

Hari Bebas Kantong Plastik, Penggunaan Shopping Bag Mulai Efektif di Hypermart

Hari Bebas Kantong Plastik, Penggunaan Shopping Bag Mulai Efektif di Hypermart

Hari Bebas Kantong Plastik, Penggunaan Shopping Bag Mulai Efektif di Hypermart--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Secara Internasional, setiap 3 Juli diperingati sebagai hari bebas kantong plastik. Peringatan ini digalakan sebagai upaya menekan pemakaian kantong plastik, yang penggunaannya berdampak negatif.

BACA JUGA:Ini Arti Salam Havenu Shalom Aleichem yang Viral karena Panji Gumilang Al-Zaytun

Membantu upaya tersebut, di retail modern salah satunya di Hypermart pun sudah menerapkan sistem kantong plastik berbayar, dengan kisaran harga Rp200 untuk semua ukuran. 

Kemudian menggunakan reusable bag atau shopping bag, sebagai alternatif konsumen membawa barang belanjaan. Dengan harga kisaran Rp3.900 hingga Rp18.900. Konsumen juga dibolehkan membawa shooping bag dari rumah.

BACA JUGA:Sempurna, Pemilik Tanggal Lahir Ini Cerdas, Percaya Diri dan Keuangan Lancar

Dijelaskan Store General Manager Hypermart Bengkulu Lukman Hamli, penerapan kantong plastik berbayar sebetulnya sudah dilaksanakan sejak 2018 lalu, sesuai dengan peraturan daerah. 

Namun Hypermart Bengkulu sudah merealisasikannya sejak tahun 2016. Di Hypermart, juga terdapat fasilitas pelayanan packing barang menggunakan kardus, tanpa berbayar untuk semua jenis barang. 

BACA JUGA:Gambar Ini Bisa Menjawab Kondisi Emosi Anda, Tentukan Gambar yang Pertama Dilihat

“Di Bengkulu sendiri, di Hypermart kami mengantisipasinya dengan menyediakan shopping bag. Kita jual shopping bag yang bahannya dari kain dan itu lumayan efektif. Kemudian kita memfasilitasi costumer-costumer kita yang belanja bulanan dengan packing kardus,” ujar Lukman Hamli (3/7).

Ditambahkan Lukman, penggunaan shopping bag berbahan kain memang cukup efektif, karena dapat digunakan berulang.

BACA JUGA:Kata Abdul Somad, jika Pohon Ini Tidak Lagi Berbuah Artinya Dajjal Segera Muncul

Sementara untuk penggunaan kantong plastik, agar nanti sampahnya dapat didaur ulang kembali, kualitasnya pun sudah diturunkan. 

Sehingga berpengaruh terhadap ketahanan plastik, karena lebih lembut dan tipis.

Dian Maya Erika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: