Iklan dempo dalam berita

Jika Terlanjur Melakukan Riba, Berikut Cara Membersihkan Harta dari Dosa Riba

Jika Terlanjur Melakukan Riba, Berikut Cara Membersihkan Harta dari Dosa Riba

Beberapa cara untuk terhindar dari riba--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Islam melarang umatnya melakukan praktik riba. Bagi pelaku riba, mereka akan diganjar dengan dosa besar.

 

Keinginan terhindar dari dosa riba adalah hal yang harus diupayakan bagi setiap muslim, terutama mereka yang baru berhijrah untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. 

 

Cara membersihkan harta riba tentu akan menolong mereka dalam berhijrah. Karena jika tidak diselesaikan, dampaknya tidak sekadar berimbas pada seseorang, bisa jadi sampai ke keluarganya.

BACA JUGA:Naudzubillah, Ini Alasan Islam Melarang Riba, Dosanya Setara Berbuat Zina dengan Ibu

 

Harta yang didapatkan dari transaksi riba merupakan harta haram. Efeknya begitu besar baik saat masih hidup di dunia hingga ke akhirat.

 

Suatu ketika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

“Wahai sekalian manusia sesungguhnya Allah itu baik, Allah tidak akan menerima sesuatu melainkan dari yang baik. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. FirmanNya: “Wahai para rasul makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan Allah juga berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, makanlah rezeki yang baik-baik yang telah Kami rezekikan kepadamu.” Kemudian Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menceritakan tentang seorang laki-laki yang telah menempuh perjalanan jauh sehingga rambutnya kusut, lusuh dan berdebu. Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdoa: “Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku.” Padahal makanannya dari barang haram, minumnya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dari yang haram. Maka bagaimana Allah akan mengabulkan doanya?” (HR Muslim No.1015).

BACA JUGA:Tempo 3 Jam, Ditnarkoba Tangkap 3 Pelaku dan Amankan 31 Paket Sabu

 

Berdasarkan dampak dan dosa yang besar, membersihkan harta dari transaksi riba perlu dilakukan saat masih hidup di dunia. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: