Iklan dempo dalam berita

PERHATIAN, Berikut Ciri Kuku Tidak Sehat dan Penanda Ada Penyakit Lain

PERHATIAN, Berikut Ciri Kuku Tidak Sehat dan Penanda Ada Penyakit Lain

Jenis kuku tidak sehat dan penanda ada penyakit lain--

12. Kuku seperti Tanduk Domba

Onychogryphosis atau kuku berbentuk seperti tanduk domba adalah ciri-ciri kuku tidak sehat. Berdasarkan jurnal Skin Appendage Disorders, kondisi ini menyebabkan kuku tumbuh terus dan menebal hingga menyerupai tanduk domba. 

 

Onychogryphosis bisa terjadi karena memiliki keluarga dengan riwayat penyakit kuku serupa. Selain diturunkan dalam keluarga, kondisi ini juga bisa timbul karena penyakit psoriasis, yaitu peradangan kulit akibat pertumbuhan sel kulit yang terlalu cepat. Pengidap psoriasis memiliki kemungkinan lebih besar mengalami onychogryphosis.

 

13. Nail-Patella Syndrome

Sindrom patella kuku atau nail-patella syndrome (NPS) adalah kondisi genetik langka yang dapat menyebabkan masalah pada kuku, tulang, dan ginjal. Kondisi ini menyebabkan kuku hilang, kurang berkembang, berubah warna, terbelah, bergerigi, atau berlubang.

 

Ibu jari adalah lokasi yang paling sering terjangkit sindrom patella kuku. Bagian kuku lainnya lebih jarang mengalami nail-patella syndrome.

BACA JUGA:Tersengat Listrik, Warga Bengkulu Tengah Meninggal Dunia

 

Sekarang, kamu sudah tahu macam-macam penyakit yang bisa dilihat dari kondisi kuku, bukan? Tanda penyakit di kuku jangan diabaikan. Untuk mengetahui penyakit pemicu kuku tidak sehat, konsultasikan langsung dengan dokter spesialis kulit.

 

Tim liputan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: